Rempah dan Bumbu Dapur yang Dapat Membantu Meredakan Perut Kembung

Rempah untuk meredakan perut kembung.(Foto: kompas)

Sukoharjonews.com – Gas yang berlebihan di dalam perut dapat menyebabkan beberapa gejala yang tidak nyaman, termasuk perut kembung dan penuh. Gejala lain dari gas yang berlebihan di dalam perut dapat meliputi mual, perut kembung setelah makan, dan perut kembung yang berlebihan. Mual adalah perasaan mual atau keinginan untuk muntah, yang dapat disebabkan oleh berbagai faktor, termasuk gangguan pencernaan atau penumpukan gas di dalam perut. Perut kembung setelah makan dapat disebabkan oleh ketidakmampuan perut untuk mencerna makanan dengan baik, yang menyebabkan penumpukan gas dan perasaan kembung.


Perut kembung yang berlebihan, atau kentut, juga dapat menjadi gejala dari terlalu banyak gas di dalam perut. Hal ini dapat terjadi ketika tubuh tidak dapat mencerna makanan tertentu, yang menyebabkan fermentasi di dalam usus dan produksi gas. Bersendawa, bersendawa, dan kentut dapat memberikan sedikit kelegaan dari gejala-gejala ini, karena mereka melepaskan kelebihan gas dari perut. Dikutip dari NDTV Food, pada Sabtu (14/9/2024), berikut rempah herbal yang bantu atasi perut kembung:

1. Biji adas
Biji adas mengandung senyawa yang disebut anethole, estragole, dan fenchone, yang membantu mengendurkan otot-otot di saluran pencernaan dan mencegah kembung dan gas. Jadi, cobalah mengonsumsi biji adas setelah makan dan Anda akan merasakan sendiri perbedaannya.

2. Biji jintan
Biji jintan atau jintan putih adalah rempah-rempah yang mudah Anda temukan di setiap dapur India. Biji jintan putih tidak hanya merupakan bahan penting dalam sebagian besar resep, tetapi juga dapat bermanfaat untuk meredakan perut kembung. Minyak yang terkandung dalam jintan putih, seperti jintan putih aldehida dan simena, memiliki khasiat anti-kembung dan dapat meredakan perut kembung.


3. Jahe
Jahe adalah rempah-rempah hebat lainnya yang dapat bekerja dengan sangat baik dalam meredakan kembung dan gas. Jahe mengandung senyawa yang disebut gingerol, yang dapat meningkatkan laju keluarnya makanan dari lambung. Jahe juga kaya akan sifat antiperadangan dan dapat membantu meredakan gangguan pencernaan dan kembung.

4. Ajwain
Ajwain, yang juga dikenal sebagai biji karom, merupakan salah satu obat paling ampuh untuk menghilangkan kembung. Biji ini mengandung minyak yang disebut timol, yang membantu merangsang sekresi enzim pencernaan. Ajwain memiliki senyawa volatil seperti limonene dan karvon yang ampuh untuk mengatasi kembung dan gas.


Cobalah menambahkan rempah-rempah dan herba ini ke dalam makanan Anda dan beri tahu kami bagaimana mereka membantu meredakan kembung Anda.(cita septa)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *