Rating Oscar 2024, Penonton Academy Awards Naik Sedikit Menjadi 19,5 Juta Penonton

Ryan Gosling menampilkan ‘I’m Just Ken’ dari “Barbie” di Oscar ke-96 2024 di Dolby Theater pada 10 Maret 2024 di Los Angeles, California, Amerika. (Foto: Variety).

Sukoharjonews.com – Upacara Academy Awards tahunan ke-96 2024 menarik 19,5 juta pemirsa di ABC Minggu malam. Berdasarkan peringkat nasional cepat yang disesuaikan dengan zona waktu, siaran hari Minggu menarik 19,5 juta pemirsa dan peringkat 3,8 pada demografi dewasa berusia 18-49 tahun yang ditayangkan mulai pukul 19:00-22:29 ET.

Dikutip dari Variety, Rabu (13/3/2024), sebagai perbandingan, siaran tahun 2023 menarik 18,8 juta penonton dan rating akhir 4,0. Itu berarti acara tahun ini hanya naik 4% dari total penonton tetapi turun 5% pada demo utamanya. Perlu juga dicatat bahwa pertunjukan tahun ini dimulai satu jam lebih awal dibandingkan tahun-tahun sebelumnya.

Namun, tayangan tahun 2024 tersebut merupakan Oscar yang paling banyak ditonton sejak tahun 2020 dan menandai pertumbuhan penayangan selama tiga tahun berturut-turut. Siaran tahun 2021, yang sangat dipengaruhi oleh pandemi COVID-19, menarik 10,4 juta pemirsa ke titik terendah sepanjang masa. Angka tersebut meningkat kembali pada tahun 2022 dengan 16,6 juta, diikuti tahun lalu sebesar 18,8 juta.

Upacara Oscar menyaksikan “Oppenheimer” berkuasa, dengan film biografi hit membawa pulang tujuh penghargaan, termasuk film terbaik, sutradara terbaik untuk Christopher Nolan, dan aktor terbaik untuk Cillian Murphy. Robert Downey Jr juga memenangkan aktor pendukung terbaik untuk karyanya dalam film tersebut.

Di tempat lain pada malam itu, Emma Stone memenangkan Oscar kedua dalam karirnya untuk “Poor Things,” sementara Da’Vine Joy Randolph memenangkan aktris pendukung terbaik untuk “The Holdovers.”

Baik “Killers of the Flower Moon” karya Martin Scorsese maupun “Maestro” karya Bradley Cooper gagal meraih kemenangan apa pun, dan “Barbie” tidak masuk dalam sebagian besar kategori yang dinominasikan kecuali untuk lagu orisinal terbaik (“What Was I Made For ?” oleh Billie Eilish dan Finneas O’Connell).

Berbicara tentang “Barbie,” Ryan Gosling membuat heboh dengan penampilannya dalam “I’m Just Ken.” Gosling, yang dinominasikan sebagai aktor pendukung terbaik karena memerankan Ken dalam film sukses besar tersebut, ditemani oleh sepasukan penari yang terdiri dari sesama Kens Simu Liu, Ncuti Gatwa, Kingsley Ben-Adir, dan Scott Evans, serta Mark Ronson dan legenda gitar Slash.

Segera setelah Oscar, episode spesial “Abbott Elementary” mencetak rekor tertinggi baru baik dalam total penonton Live+Same Day maupun dalam demo, dengan masing-masing 6,9 juta dan rating 1,42. (nano)

Nano Sumarno:
Tinggalkan Komentar