Ragam  

Rapid Tes Antibodi dan Antigen, Apa Perbedaannya?

Ilustrasi rapid tes antibodi. (Dok)

Sukoharjonews.com (Sukoharjo) – Akhir-akhir ini rapid tes antigen sangat sering disebut selama libur Natal dan Tahun Baru (Nataru). Pasalnya, sejumlah daerah mensyaratkan rapid tes antigen bagi pendatang baru dalam rangka pencegahan penyebaran virus corona. Sebelumnya, masyarakat hanya tahu istilah rapid tes corona saja. Lantas, apa perbedaan rapid tes antibodi dan antigen?



Jubir Gugus Tugas Percepatan Penanganan Corona Sukoharjo, Yunia Wahdiyati menyampaikan, secara garis besar rapid tes antigen lebih akurat dibanding rapid tes antibodi. Untuk itulah pemerintah mensyaratkan rapid tes antigen pada masyarakat yang hendak melakukan perjalanan ke luar daerah. “Sukoharjo juga melakukan pemeriksaan rapid tes antigen secara random di perbatasan untuk pendatang,” ujarnya, Kamis (24/12/2020).

Rapid tes antibodi:
– Sampel darah biasanya lewat jari
– Tidak cukup akurat
– Hasil didapat beberapa menit setelah tes
– Tes antibodi terhadap virus corona yang muncul setekah 4-7 hari terinfeksi.

Rapid tes antigen:
– Sampel cairan hidung dan tenggorokan
– Cukup akurat
– Hasil didapat 20-30 menit setelah tes
– Mendeteksi virus corona aktif.

Seperti diketahui, berdasarkan update 23 Desember kemarin, akumulasi kasus positif corona di Sukoharjo sudah mencapai 2.534 kasus. Terdiri dari 2.040 kasus sembuh, 131 meninggal dunia, dan 363 kasus positif aktif. Kasus positif aktif tersebut terdiri dari 213 isolasi mandiri dan 150 kasus rawat inap di rumah sakit.

Saat ini, 363 kasus positif corona aktif tersebut tersebar di 12 kecamatan. Masing-masing Kecamatan Kartasura 122 orang, Grogol 39 orang, Mojolaban 51 orang, Sukoharjo 72 orang, Baki 34 orang, Tawangsari tujuh orang, dan Polokarto lima orang. Kemudian Kecamatan Bulu 11 orang, Nguter delapan orang, Bendosari tujuh orang, Weru enam orang, dan Kecamatan Gatak satu orang. (erlano putra)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *