RAN, Marion Jola, dan Vina Panduwinata akan Ramaikan Laras Hati Mangkunegaran Musik Festival 2023

Laras Hati Mangkunegaran Musik Festival 2023

Sukoharjonews.com (Solo) – Pura Mangkunegaran menggelar festival musik dan kuliner di lapangan istananya di Solo, Jawa Tengah. Menghadirkan musisi nasional lintas generasi.


Pura Mangkunegaran terus menghadirkan kemeriahan di Kota Solo, Jawa Tengah. Kali ini, lapangan atau Pamedan Pura Mangkunegaran akan menjadi tempat penyelenggaraan festival “Laras Hati Mangkunegaran Musik Festival 2023” pada Minggu, 12 Maret 2023. Acara pertunjukan musik dan kuliner itu akan diramaikan oleh sejumlah musisi nasional antara lain grup musik RAN, Marion Jola, Vina Panduwinata.

Grup musik Diskoria, penyanyi Brigitta Hardi Ft Voca Erudita, Endah Laras, serta penampilan Tribute to Didi Kempot bakal menambah semarak festival Laras Hati Mangkunegaran Musik Festival 2023.

Ketua Penyelenggara Laras Hati Mangkunegaran Musik Festival 2023, Marah Andikha mengatakan, festival itu menghadirkan musisi lintas generasi dalam kolaborasi kesenian tradisional dan kontemporer. “Festival ini memadukan berbagai bakat dan kreatifitas dalam satu acara,” ujarnya.


Laras Hati Mangkunegaran Musik Festival 2023 diselenggarakan oleh Pura Mangkunegaran, Katadata Indonesia dan Yayasan DNC. Laras Hati Mangkunegaran Musik Festival 2023 menjadi bagian dari perayaan hari jadi ke-266 Pura Mangkunegaran. Didirikan pada 17 Maret 1757 berdasarkan Perjanjian Salatiga, Pura Mangkunegaran merupakan daerah otonom dengan wilayah terentang dari Kedaung hingga Kedu, Jawa Tengah. Kerajaan itu menyatakan bergabung dengan Republik Indonesia setahun setelah Proklamasi Kemerdekaan 1945.

Pura Mangkunegaran aktif merawat tradisi dan menjalin relasi dengan kerajaan-kerajaan lain di luar Indonesia lewat berbagai kunjungan misi kebudayaan. Pura Mangkunegaran dipimpin oleh Raja Mangkoenagoro yang kini memasuki generasi ke-10. Raja Pura Mangkunegaran saat ini yaitu Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Arya (KGPAA) Mangkoenagoro X, naik tahta pada 12 Maret 2022.

KGPAA Mangkoenagoro X mengatakan terselenggaranya festival ini dapat meningkatkan pariwisata di Kota Solo dengan mengedepankan seni dan kebudayaan melalui musik dan kuliner. “Festival ini bisa memberikan kegembiraan bagi masyarakat Solo dan sekitarnya,” ujar Kanjeng Gusti.


Marah Andikha menambahkan acara ini menggunakan konsep festival dan bukan konser biasa. Dalam pertunjukan musik, konser biasanya menampilkan satu genre musisi. Sementara akan ada berbagai genre musik yang ditampilkan di Laras Hati Mangkunegaran Musik Festival 2023.

“RAN, Marion Jola, Vina Panduwinata, Diskoria, Brigitta Hardi Ft. Voca Erudita, Endah Laras, dan Tribute to Didi Kempot jelas menghadirkan genre yang beragam,” kata Marah Andikha.

Penyelenggara menyediakan tiket kategori festival dan super festival bagi para pengunjung Laras Hati Mangkunegaran Musik Festival 2023. Tiket kategori festival akan dijual seharga Rp145.000, sementara tiket super festival dibanderol Rp400.000. Penyelenggara memberikan diskon harga khusus untuk pembelian tiket festival selama kuota tersedia. Setelah periode itu, tiket akan dijual dengan harga normal. Para pengunjung bisa membeli tiket secara daring melalui situs Loket.com. (nano)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 2

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *