Raih Opini WTP Lima Kali Berturut-Turut, Kemenkeu Beri Penghargaan Pada Pemkab Sukoharjo

Kepala KPPN Surakarta, Sugiarso saat menyerahkan penghargaan Opini WTP tahun 2019 dan Penghargaan atas Capaian Opini WTP Lima Kali Berturut-turut pada Bupati Sukoharjo, Wardoyo Wijaya di Loby Kantor Bupati, Kamis (5/11/2020).

Sukoharjonews.com (Bendosari) – Pemkab Sukoharjo mendapatkan penghargaan dari Kementerian Keuangan (Kemenkeu) atas capaian Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) selama lima kali bertutur-turut. Opini WTP ke-5 diraih untuk Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) tahun 2019. Pengumuman Opini WTP tahun 2019 sendiri sudah dilakukan bulan Mei dan penghargaan baru bisa diserahkan, Kamis (5/11/2020) ini di Loby Kantor Bupati.



“Dalam acara ini ada dua penghargaan yang kami sampaikan, pertama Opini WTP LKPD Tahun 2019 dan Penghargaan dari Kemenkeu Pada Pemkab Sukoharjo karena telah memperoleh Opini WTP lima kali berturut-turut,” jelas Kepala Kantor pelayanan Perbendahraan Negara (KPPN) Surakarta, Sugiarso.

Menurutnya, opini WTP bisa didapatkan siapapun pemimpinnya asalkan tim yang dibentuk sudah solid. Opini WTP sendiri bisa diraih atas empat indikator. Masing-masing kesesuaian dengan kondisi seperti aset, investasi, dan lainnya, kecukupan pengungkapan dari semua transaksi, kesesuaian peraturan, serta sistem pengendali internal berjalan.

“Prinsipnya, sepanjang tim yang ada solid dan konsisten, Opini WTP bisa dipertahankan,” ujarnya.

Sedangkan Bupati Sukoharjo, Wardoyo Wijaya mengatakan, Opini WTP yang diterima untuk LKPD tahun 2019 merupakan ke-5 berturut-turut sejak tahun 2015. Dikatakan Bupati, Opini WTP tersebut merupakan bukti nyata Pemkab Sukoharjo telah menunjukkan komitmen dan kinerja yang baik pada masyarakat. Selain itu, juga komitmen mempertanggungjawabkan setiap penggunaan uang negara secara transparan dan akuntabel sesuai dengan kaidah-kaidah pelaporan yang baik dan benar dalam Standar Akuntansi Pemerintah (SAP).

“Capaian opini WTP lima kali berturut-turut ini tentunya menjadi kebanggaan serta cambuk untuk terus ikut serta dalam mewujudkan “clean and good governance” sebagaimana telah dicita-citakan dalam pelaksanaan reformasi birokrasi,” ujarnya.

Bupati berharap seluruh ASN bekerja dengan sungguh-sungguh dan penuh dedikasi serta integritas tinggi agar dapat mewujudkan dan menyajikan laporan pertanggungjawaban keuangan yang lebih berkualitas. Dengan harapan, opini WTP dapat kembali diraih di tahun-tahun mendatang. (erlano putra)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed