Ragam  

Waduh, Tebing Bengawan Longsor di Desa Dalangan Belum Diperbaiki

Kondisi salah satu rumah di Dukuh/Desa Dalangan, Kecamatan Tawangsari, Sukoharjo yang amblas digerus Sungai Bengawan Solo.

Sukoharjonews.com (Tawangsari) – Memasuki musim kemarau ini belum ada tanda-tanda tebing Sungai Bengawan Solo yang longsor tergerus banjir di Desa Dalangan, Tawangsari beberapa waktu lalu diperbaiki. Padahal, seharusnya musim kemarau seperti saat ini bisa manfaatkan untuk melakukan perbaikan. Untuk itu warga mendesak instansi yang terkait segera melakukan tindakan agar masyarakat tidak resah.



“Kalau musim kemarau seperti saat ini tentu tidak masalah. Namun, saat musim hujan nanti pasti masyarakat kembali resah,” ujar Kepala Desa Dalangan Bagyo Slameto, Jumat (17/8).

Bagyo mengaku ketika musim hujan tiba nanti warga khawatir tebing yang longsor akan meluas. Padahal, saat ini jarak tebing dengan rumah warga tinggal puluhan meter saja. Bahkan, ada yang tinggal beberapa meter. Soal masalah tersebut, Bagyo mengaku sudah disampaikan pada pihak terkait dalam hal ini Balai Besar Wilayah Sungai Bengawan Solo (BBWSBS). Namun, sejak pengajuan permohonan perbaikan beberapa waktu lalu sampai saat ini masih belum ada tindaklanjuti.

Dia menambahkan, selama ini derasnya arus air Sungai Bengawan Solo saat musim hujan membuat puluhan meter tanah longsor dan hanyut. Bahkan, banyak warga yang harus kehilangan lahan akibat tanahnya hilang karena tergerus arus air. Bagyo mengaku saat ini ada warga yang hanya memiliki sertifikat tanah saja. Namun, tanahnya sudah hanyut terdampak gerusan Sungai Bengawan Solo.

“Yang jelas kondisinya sangat mengkhawatirkan. Masalah ini sudah sejak lama namun belum tertangani dengan tuntas,” tandasnya. (erlano putra)



How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments