Ragam  

Ustadz Abu Bakar Ba’ayir Bebas, Polres Siapkan Opsi Pengamanan

Presiden Jokowi memberikan persetujuan pembebasan Ustadz Abu Bakar Ba’syir karena alasan kemanusiaan. (Foto: Tempo.co)

Sukoharjonews.com (Sukoharjo) – Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah memberikan persetujuan pembebasan Ustadz Abu Bakar Ba’asyir (ABB). Terkait hal itu, Polres telah melakukan koordinasi terkait dengan kepulangan sang ustadz ke kompleks Pondok Pesantren Al Mukmin Ngruki. Polres sendiri saat ini masih menunggu kepastian tentang kapan ABB akan kembali ke Ngruki, Sukoharjo.



“Koordinasi sudah dilakukan terkait informasi pembebasan Ustadz Abu Bakar Ba’asyir. Pengamanan tentu kami persiapan ketika akan kembali ke Ponpes Al Mukmin Ngruki,” ujar Kabag Ops Polres Sukoharjo Kompol Teguh Prasetyo, Senin (21/1).

Dikatakan Kompol Teguh, pihaknya sudah memiliki beberapa opsi terkait pengamanan, termasuk apakah nanti perjalanan akan melalui jalur darat atau udara. Setelah mendapat kepastian jalur yang akan digunakan, Polres tinggal melakukan penyesuaian saja. Pengamanan sendiri terdiri dari pengamanan terbuka dan pengamanan tertutup.

Menurutnya, dalam pengamanan tersebut akan melibatkan personil dari lintas satuan. Seperti dari Sabara, Satlantas, Reskrim, Intel dan Binmas. Teguh menambahkan, koordinasi terus dilakukan dengan pihak Ponpes Al Mukmin Ngruki terkait rencana kepulangan ABB. “Kami menunggu informasi valid kapan kepulangan Ustadz Abu bakar Ba’asyir. Ada informasi berangkat dari Jakarta pada Rabu (23/1) pagi,” katanya.

Terpisah, Ustadz Abdul Rachim Ba’asyir yang akrab disapa Iim mengatakan, sampai saat ini pihaknya masih menunggu pelaksanaan untuk kepulangan sang ayah. Pasalnya, Presiden Jokowi sudah memberikan persetujuan tentang pembebasan tersebut. Menurutnya, pembebasan Ustadz Abu tanpa syarat karena alasan kemanusiaan jadi tidak ada syarat-syarat apa-apa itu, karena murni kemanusiaan,” jelas Iim.

Terkait hal ini, Iim mengaku sangat bersyukur. Pasalnya, saat ini kondisi Ustad Abu sudah sakit-sakitan dan bisa kembali pada keluarga sangat disyukuri. “Ayah saya sudah tidak layak berada di penjara. Sudah uzur, tua,” ungkapnya sembari mengatakan kemungkinan besar kepulangan akan menggunakan jalur udara langsung dari Jakarta ke Solo. (erlano putra)



How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments