Seniman Lokal Sukoharjo Merasa Tidak Dihargai Inbox SCTV

Antonius Bimo ”Kokor” Wijanarko, Pencipta Lagu ”Sukoharjo Tresnaku” dan ”Sukoharjo Tanah Kelahiranku”.

Sukoharjonews.com – Pencipta lagu ”Sukoharjo Tresnaku” dan ”Sukoharjo Tanah Kelahiranku” merasa dirugikan Inbox SCTV. Sebab, penyelenggara event akbar tersebut menayangkan dua lagu tersebut tanpa meminta izin dan tidak menyertakan nama pencipta lagu.

Antonius Bimo ”Kokor” Wijanarko, pencipta dua lagu tersebut. Warga Perumahan Joho Baru, Kelurahan Joho, Kecamatan/Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah itu mengaku tidak mendapat pemberitahuan apapun meski dua lagunya ditayangkan Inbox SCTV secara ”live” dari Alun-alun Sukoharjo, Sabtu-Minggu (9-10/12) lalu.

Kokor menjelaskan, dua lagu itu digunakan Inbox SCTV untuk opening acara akbar tersebut. “Tidak ada pemberitahuan apapun dan pencipta lagu ataupun penyanyinya tidak dicantumkan di situ,” kata dia saat bertemu wartawan di Gedung DPRD Sukoharjo, Rabu (13/12).

Kokor menambahkan, yang membuat dia kecewa, Inbox SCTV juga memotong-motong dua lirik lagu ciptaannya tersebut. Menurut dia, dengan hanya menampilkannya sepotong-sepotong, inti yang disampaikan pada dua lagu itu tidak bisa diterima masyarakat secara utuh. ”Yang saya sayangkan, lagu itu hanya ditampilkan sepotong-sepotong,” imbuhnya.

Kokor mengungkapkan, lagu ”Sukoharjo Tresnaku” bercerita tentang keindahan dan kemakmuran alam Sukoharjo. Sedangkan lagu ”Sukoharjo Tanah Kelahiran” menceritakan tentang produk-produk unggulan asli Sukoharjo. Dua lagu tersebut dia ciptakan tahun 2013 lalu ketika pindah dari Salatiga ke Sukoharjo. Dua lagu tersebut sudah di upload di situs “youtube” empat tahun yang lalu.



“Kalau ditampilkan utuh kan lebih bagus. Masyarakat luas jadi lebih tahu tentang keindahan alam Sukoharjo dan masyarakat Sukoharjo sendiri bisa semakin mencintai tanah kelahirnnya,” kata Kokor.

Meski demikian, Kokor mengaku tidak akan menuntut apa-apa dari Inbox SCTV. Dia hanya ingin Inbox SCTV ke depannya bisa lebih menghargai seniman lokal seperti dirinya. Mengingat, menciptakan sebuah karya seni termasuk lagu tidaklah mudah.

Butuh inspirasi, kesabaran, dan ketelatenan agar tercipta lagu yang berkualitas. Di sisi lain, Kokor juga mengungkapkan rasa terimakasihnya kepada Inbox SCTV karena telah memilih lagu ”Sukoharjo Tresnaku” dan ”Sukoharjo Tanah Kelahiranku” menjadi opening acara akbar tersebut.

“Saya berterimakasih karena lagu saya ditayangkan dalam acara itu. Tapi saya minta ke depan, jika menayangkan lagu-lagu lokal seperti itu akan lebih baik jika meminta izin atau paling tidak mencantumkan pencipta lagunya. Sehingga para seniman merasa lebih dihargai,” imbuh Kokor. (sofarudin)

Share: