Pemkab Desak Provinsi Segera Perbaiki Talud Jembatan Bacem

Talud di utara Jembatan Bacem sisi barat ambrol beberapa waktu lalu. Pemkab mendesak Pemprov Jateng segera melakukan perbaikan.

Sukoharjonews.com (Sukoharjo) – Ambrolnya talud sisi barat setelah Jembatan Bacem membuat Pemkab Sukoharjo khawatir. Pasalnya, jika talud yang ambrol meluas akan mengancam jalan raya diatasnya. Padahal, jalan tersebut merupakan akses utama dari arah Sukoharjo menuju Kota Solo. Untuk itu, Pemkab mendesak Pemprov Jateng segera memperbaiki takud yang ambrol termasuk jalan yang ambles.



“Koordinasi resmi sudah dilakukan Pemkab melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang dengan Pemprov Jateng,” ujar Sekretaris Daerah (Sekda) Sukoharjo Agus Santosa, Minggu (11/3).

Menurutnya, koordinasi yang dilakukan terkait dengan perbaikan talud pengaman Jembatan Bacem, Telukan, Grogol. Dengan harapan, Pemprov melakukan perbaikan secepatnya mengingat kondisi talud pengaman Jembatan Bacem ambrol dan mengancam jalan raya diatasnya. Selain itu, material talud yang ambrol juga menutup saluran air.

“Intinya Pemkab Sukoharjo meminta Pemprov Jawa Tengah segera turun tangan karena mengancam akses jalan penghubung Sukoharjo – Solo. Kondisinya memang darurat karena berada di jalur utama,” ujarnya.

Hal senada diungkapkan Camat Grogol Bagas Windaryatno. Menurutnya, di lokasi sudah diberi kerucut lalu lintas agar pengguna jalan menghindari jalan yang ambles. Selain itu, Bina Marga Provinsi juga sudah membersihkan material talud dari saluran air dibawahnya.

“Pengerjaan sepenuhnya ditangani petugas dari Bina Marga Provinsi Jawa Tengah. Setelah pembersihan saluran, direncanakan akan segera dilakukan perbaikan talud yang ambrol,” ujarnya.

Bagas juga mengatakan, dari informasi yang dia terima, Pemerintah Provinsi Jawa Tengah sudah merencanakan perbaikan talud ambrol. Soal kapan akan dikerjakan, Bagas mengaku belum mengetahuinya. Yang jelas, dia berharap perbaikan bisa dilakukan seceparnya. Terlebih lagi, setelah talud ambrol diketahui ada lubang didalamnya sehingga dikhawatirkan akan ambrol kembali.

“Setelah talud ambrol, terlihat ada lubang atau “growong”. Kalau tidak diperbaiki, tentunya sangat mengkhawatirkan,” pungkasnya. (erlano putra)



How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *