Menuran Bentuk Masdulkabi Jaga Kelestarian Kali Baki

Bupati Sukoharjo H Wardoyo Wijaya SH MH beserta istri Etik Suryani menebar 20 ribu ikan di Kali Baki, Desa Menuran, Kecamatan Baki, Minggu (29/10).

Sukoharjonews.com – Warga Desa Menuran Kecamatan Baki, Sukoharjo membuat terobosan baru dalam rangka melestarikan lingkungan khususnya lingkungan sungai/kali. Untuk melestarikan sungai, warga membentuk Masyarakat Peduli Kali Baki (Masdulkabi) yang menjaga kelestarian dan kebersihan sungai.

Dalam rangka pelestarian sungai tersebut, Masdulkabi membuat gerakan untuk menyadarkan masyarakat tidak membuang sampah di sungai. Selain itu, Masdulkabi juga membuat larangan mencari ikan dengan menggunakan jaring, racun, dan stroom di Kali Baki.

“Hari ini bersama Pak Bupati H Wardoyo Wijaya SH MH menebar ikan sebanyak 20 ribu ekor di Kali Baki,” ujar Ketua Masdulkabi Priyono, Minggu (29/10).

Dikatakan Priyono, apa yang dilakukan warga dengan membentuk Masdulkabi bermula dari rasa keprihatinan akan kondisi Kali Baki yang kotor karena penuh dengan sampah. Untuk itulah pada bulan Agustus 2017 lalu membuat gerakan sungai bersih. Ide tersebut mendapat respon bagus dari masyarakat yang dengan kesadarannya sendiri tidak membuang sampah ke sungai.

“Sesama warga saling mengingatkan. Saat ini, sampah yang ada memang belum hilang seluruhnya karena baru berkurang sekitar 40%,” ujarnya.

Priyono juga megatakan, dengan segala upaya yang dilakukan bersama-sama, saat ini Kali Baki sudah menjadi “jujukan” warga yang ingin memancing. Masdulkabi bersama warga pun berusaha membuat pemancing nyaman dengan menebar ikan. Hingga saat ini, sudah 2,5 kuintal ikan yang ditebar di Kali Baki. Jenis ikan yang ditebar antara lain nila dan lele.

“Kami memiliki angan-angan di sekitar Bali Baki ini menjadi lokasi wisata pemancingan. Saat ini juga sudah banyak pedagang yang bermunculan,” katanya.

Sementara itu, Bupati Sukoharjo H Wardoyo Wijaya SH MH menyambut positif upaya yang dilakukan Masdulkabi. Menurutnya, apa yang dilakukan Masdulkabi tersebut sangat bagus karena merupakan upaya melestarikan lingkungan khususnya lingkungan sungai. Menurutnya, apa yang dilakukan Masdulkabi tersebut harus diikuti daerah lain karena sangat bagus.

Bupati juga mengatakan, dalam rangka membuat sungai bersih dan asri, gerakan seperti yang dilakukan Masdulkabi harus dcontoh. Untu itu, agar kawasan Kali Baki menjadi sebuah kawasan yang bersih, rapi, dan tertata, Bupati menyatakan kesanggupannya memberikan bantuan Rp190 juta.

“Saya harap dana ini digunakan untuk mengembangkan kawasan. Pemda cukup mendorong untuk bisa menjadi desa wisata pemancingan atau apa sehingga bisa memberikan kontribusi bagi desa,” tambahnya. (erlano putra)

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *