Ragam  

Lahan Kosong Terbakar, Warga Panik, Takut Merembet ke Perumahan

Lahan kosong terbakar di dekat Perumahan Griya Bumi Raya Waru, Kecamatan Baki, Minggu (19/8) siang.

Sukoharjonews.com (Baki) – Warga Perumahan Griya Bumi Raya Waru, Kecamatan Baki panik. Pasalnya, sebuah lahan kosong disebelah perumahan tiba-tiba terbakar hebat, Minggu (19/8) siang. Warga panik dan takut api yang membakar lahan kosong tersebut merembet ke perumahan. Pasalnya, angin bertiup cukup kencang dan mengarah ke perumahan. Kepanikan dan ketakutan warga tidak berlanjut setelah petugas pemadam kebakaran datang dan berhasil memadamkan api.



“Kejadian tersebut bermula ketika warga melihat lahan kosong terbakar dan terus membesar sehingga melapor ke pemadam kebakaran,” terang Kepala Bidang (Kabid) Pemadam Kebakaran Satpol PP Sukoharjo Margono.

Margono mengaku, begitu mendapatkan laporan, petugas pemadam langsung meluncur ke lokasi. Laporan sendiri masuk sekitar pukul 12.00 dan petugas pemadam kebakaran datang pukul 12.25 WIB. Api lantas berhasil dipadamkan secarta total pukul 12.50 WIB. Penyebab dari kebakaran lahan kosong sendiri diduga dari puntung rokok yang dibuang sembarangan.

Terkait kejadian itu, Margono mengimbau pada masyarakat agar tidak sembarangan membuang puntung rokok di musim kemarau ini. Pasalnya, saat ini banyak semak belukar yang mengering karena musim kemarau sehingga mudah terbakar. Hal itu ditunjang dengan kencangnya angin sehingga membuat api dengan cepat membesar.

Disisi lain, Margono mengaku hingga kini total kasus kebakaran sampai awal Agustus 2018 ini ada sebanyak 50 kasus kebakaran. Beberapa diantaranya adalah kasus kebakaran lahan kosong. Belum lama ini kasus kebakaran lahan kosong terjadi di Pasar Gawok, Kecamatan Gatak. Menurutnya, musim kemarau ini memang rawan kebakaran khususnya lahan kosong. Untuk itu, masyarakat diimbau berhati–hati saat membakar sampah maupun saat membuang puntung rokok.

“Kalau ada kasus kebakaran, silahkan menghubungi kami di nomor 0271-593113,” pungkasnya. (erlano putra)



How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments