Kwarcab Pramuka Gelar Kos-Mabi

No comment 222 views

Kwartir Cabang (Kwarcab) Sukoharjo menggelar Kursus Orientasi Singkat-Majelis Pembimbing (Kos-Mabi) selama dua hari 16-17 September.

Sukoharjonews.com – Kwartir Cabang (Kwarcab) Sukoharjo menggelar Kursus Orientasi Singkat Majelis Pembimbing (Kos-Mabi) selama dua hari 16-17 September di Hotel Pondoksari, Karanganyar. Kegiatan digelar untuk menggugah semangat para pejabat, para pimpinan tinggi dan pimpinan perangkat daerah selaku anggota Mabicab dan para Camat selaku Ketua Mabiran. Kegiatan dibuka oleh Ketua Kwarcab Sukoharjo Purwadi SE MM.

“Kami berharap anggota Mabicab untuk memberikan dukungan secara penuh dan berkomitmen terhadap kegiatan dan kemajuan kepramukaan di Kwarcab Sukoharjo maupun di Kwartir Ranting masing-masing,” jelas Ketua Panitia Subari, Minggu (17/9).

Menurutnya, saat ini Kabupaten Sukoharjo telah dicanangkan sebagai Kabupaten Pramuka. Untuk itu dibutuhkan komitmen dan tekad bersama jajaran Pemerintah Daerah, dinas instansi terkait, lembaga non pemerintah dan warga masyarakat Sukoharjo untuk berpartisipasi aktif membesarkan pramuka.

Terkait agenda itu sendiri, Kwarcab bekerjasama dengan Pusat Pendidikan dan Latihan Kepramukaan Cabang (Pusdiklatcab) dan Pusdiklat Kwarda Jawa Tengah. Kegiatan diikuti
64 orang peserta yang terdiri atas anggota Majelis Pembimbing Cabang (Mabicab) Sukoharjo dan Ketua Majelis Pembimbing Ranting se-Kabupaten Sukoharjo.

Adapun materi meliputi pembangunan karakter bangsa melalui gerakan pramuka, disampaikan Kapolres Sukoharjo, kebijakan Kwarcab Sukoharjo, Rencana Strategi Gerakan Pramuka oleh Kak Kartono dari Kwarda Jateng, Prinsip dasar Kepramukaan dan metode Kepramukaan dari Kwarda Jateng, UU No 12 tahun 2010 tentang Gerakan Pramuka dari Kwarda Jateng, pengertian sifat fungsi pramuka oleh Kak Suhadi dan kegiatan outdoor game. (erlano putra)

Share: