by

Hujan Mulai Turun, BPBD Khawatirkan Penumpukan Sampah di Sungai Samin

Hujan Mulai Turun, BPBD Khawatirkan Penumpukan Sampah di Sungai Samin
5 (100%) 1 vote

Keberadaan sampah di Sungai Samin menjadi perhatian BPBD dan juga Relawan Kami Samin (Relaksa) sehingga mengagendakan bersih sungai.

Sukoharjonews.com (Sukoharjo) – Hujan mulai turun di Kabupaten Sukoharjo. Kondisi tersebut menjadi kewaspadaan Badan Penanggulangan Bencana Daearh (BPBD) Sukoharjo. Pasalnya, saat ini tersapat penumpukan sampah di sungai khususnya Sungai Samin. BPBD khawatir keberadaan sampah tersebut bisa menjadi pemicu banjir saat musim hujan mulai turun. Untuk itu, BPBD berencana melakukan kegiatan pengambilan sampah di anak sungai Bengawan Solo tersebut.



“Rencana kegiatan bersih-bersih di Sungai Samin akan dilakukan bulan ini. Dari koordinasi awal, kegiatan akan dilakukan antara tanggal 14 atau 21 Oktober,” terang Kepala Pelaksana BPBD Sukoharjo Sri Maryanto, Rabu (10/10).

Maryanto melanjutkan, kegiatan bersih-bersih sampah di Sungai Samin akan dilakukan bersama dengan Relawan Kali Samin (Relaksa). Menurutnya, kegiatan bersih-bersih akan dilakukan dibawah jembatan (cincin). Saat ini, di titik tersebut terdapat penumpukan sampah. Rencananya, penyisiran sungai akan dimulai dari jembatan ke atas untuk kegiatan tersebut.

Dengan kegiatan ini, ujar Maryanto, BPBD bersama Rekasa ingin mengembalikan fungsi sungai. Kegiatan ini dilakukan sebelum datangnya musim penghujan. Masyarakat diminta waspada dan lebih peka pada lingkungan. Khususnya pada tumpukan sampah di sungai. Maryanto juga mengingatkan masyarakat, sebelum datangnya musim penghujan sebaiknya mereka melakukan bersih–bersih sungai di lingkungan masing-masing.

“Khusus untuk sungai, BPBD mencatat ada sejumlah sungai yang sering jadi penyebab banjir. Sungai-sungai tersebut merupakan anak sungai Sungai Bengawan Solo dan Bengawan Solo sendiri,” tambahnya. (erlano putra)



Share:

Facebook Comments

News Feed