Ragam Manfaat Temulawak yang Perlu Kamu Ketahui

Manfaat temulawak.(Foto:pradipta paramita)

Sukoharjonews.com – Temu lawak adalah tumbuhan obat yang tergolong dalam suku temu-temuan. Tanaman ini berasal dari Pulau Jawa dan tersebar di Asia Tenggara, seperti Malaysia, Thailand, Filipina, Tiongkok, India, Jepang, Korea, serta beberapa negara di Eropa.

Dilansir dari gooddoctor, Minggu (27/10/2024), ada beberapa manfaat temulawak yang harus kamu ketahui, antara lain:

Menambah nafsu makan
Salah satu manfaat temulawak yang paling terkenal adalah menambah nafsu makan. Kandungan minyak atsiri yang ada di dalam temulawak sering digunakan bagi orang tua untuk meningkatkan nafsu makan anaknya.

Meningkatkan daya tahan tubuh

Temulawak dipercaya ampuh untuk meningkatkan daya tahan tubuh kamu lho. Selain itu, tanaman herbal ini dapat menghindari tubuh kita terhindar dari berbagai macam penyakit.

Menurunkan kolesterol jahat
Temulawak juga dapat membantu untuk menurunkan kolesterol jahat yang biasa disebut dengan low density lipoprotein (LDL). Biasanya orang mengonsumsinya dengan cara meminum air rebusan dari tanaman ini.

Mencegah kanker
Manfaat lain dari tanaman herbal yang terkenal di Indonesia, ternyata dapat mencegah dan menangkal radikal bebas. Temulawak juga mampu membantu menyusutkan sel kanker bahkan pada jenis kanker stadium lanjut.

Manfaat temulawak untuk lambung
Biasanya sebagian orang lebih memilih mengonsumsi tanaman herbal seperti temulawak dibandingkan mengonsumsi obat-obatan kimia. Hal yang sama juga berlaku saat kamu ingin mengatasi berbagai gangguan lambung, misalnya maag.

Mengatasi masuk angin
Bagi kamu yang sering mengalami masuk angin, temulawak sangat ampuh untuk mengatasi masuk angina karena adanya kandungan piridoksin di dalamnya. Kamu bisa mengonsumsi tanaman herbal ini ketika masuk angin menyerang.

Melindungi kesehatan hati
Temulawak dapat berfungsi sebagai hepatoprotektor yang melindungi hati dari efek samping obat. Tidak hanya itu saja, temulawak juga bermanfaat untuk para pasien yang harus mengonsumsi obat kolesterol jangka panjang.(patrisia argi)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *