Qualcomm Mengonfirmasi Snapdragon 8 Gen 4 akan Hadir dengan Inti “Oryon”

Snapdragon 8 Gen 4. (Foto: Gizmochina)

Sukoharjonews.com – Qualcomm telah mengonfirmasi rencana untuk meluncurkan system-on-a-chip (SoC) andalan generasi berikutnya, Snapdragon 8 Gen 4, di Snapdragon Summit bulan Oktober ini.

Dikutip dari Gizmochina, Rabu (6/3/2024), Don McGuire, Chief Marketing Officer (CMO) Qualcomm, mengungkapkan berita tersebut selama Mobile World Congress melalui postingan X/Twitter, menyebutkan bahwa Snapdragon 8 Gen 4 akan menampilkan CPU Oryon khusus perusahaan. Dia juga mengisyaratkan bahwa chip tersebut akan mengalami peningkatan kinerja NPU “sebagai evolusi dari kisah NPU mereka.”

Meskipun video tersebut tidak memberikan banyak detail tentang chip tersebut, detail tentang SoC yang akan datang sudah mulai beredar di rumor.

Bocoran sebelumnya mengungkap performa sampel rekayasa yang diduga chip Snapdragon 8 Gen 4. Chip tersebut konon menjalankan game Genshin Impact dengan lancar selama 45 menit pada resolusi 1080p, mempertahankan frame rate 60fps.

Karena chip yang diuji masih dalam pengembangan, versi final mungkin memiliki performa lebih baik, mungkin menjalankan Genshin Impact pada kecepatan maksimum 60fps pada resolusi lebih tinggi.

Selain itu, laporan lain menunjukkan bahwa GPU Adreno 830 Snapdragon 8 Gen 4 mendapat skor 10% lebih tinggi daripada chip M2 Apple dalam 3DMark Wild Life Extreme Stress Test. Ini mengesankan, terutama mengingat M2 dirancang untuk perangkat yang lebih besar seperti Mac.
Peluncuran Snapdragon 8 Gen 4

Sebelum debut musim gugur Snapdragon 8 Gen 4, Qualcomm diperkirakan akan merilis chip seri Snapdragon 8 Gen tambahan. Chip sementara ini, dengan nama kode SM8635, dikabarkan memiliki inti Cortex-X4 yang kuat dan GPU Adreno 735.

Chip ini diharapkan berada di antara Snapdragon 8 Gen 2 dan Gen 3 dalam hal kinerja. Ini mungkin dirilis sebagai Snapdragon 8s Gen 2 atau Snapdragon 8 Gen 3 Lite. (nano)

Nano Sumarno:
Tinggalkan Komentar