Puding Beras Khas Athena yang Mempunyai Cita Rasa Unik

Puding beras khas Athena.(Foto: Athens Food on Foot)

Sukoharjonews.com – Loukoumades mungkin lebih dikenal, namun saat berada di Yunani, lakukan seperti yang dilakukan penduduk setempat dan nikmati rizogalo yang manis dan lembut.

Dilansir dari foo and wine, Rabu (3/7/2024), ada tujuh makanan Yunani yang lezat untuk dicoba setidaknya sekali dalam hidup Anda. Pada abad ke-11, ilmuwan dan penulis Bizantium Symeon Seth menyebutkan resep rizogalo pertama yang tepat, dengan nasi, susu kambing, dan kacang almond pucat, disajikan dengan madu dan kayu manis. “Dia mengaku itu baik untuk perut, tapi bukan karena terlalu berat,” kata Kavroulaki.

Baru ketika harga beras mulai turun, pada abad ke-18, gandum masuk ke rumah-rumah Yunani dalam skala yang lebih luas.

Menjelang abad ke-20, rizogalo biasanya tidak disiapkan di rumah. “Toko-toko susu bertanggung jawab mempopulerkan hidangan ini, dan ada ratusan toko susu di Athena,” kata Kavroulaki. Ribuan kandang domba dan kawanan kambing terdapat di pinggiran kota.

“Rizogalo dibuat untuk anak-anak sebagai suguhan manis tetapi tidak pernah dibuat untuk tamu yang berkunjung. Dianggap terlalu ‘sederhana’. Para perempuan memamerkan keterampilan mereka sebagai ibu rumah tangga melalui makanan penutup mewah dan menenun.”

Dalam buku masaknya Salt of the Earth , koki dan penulis Carolina Doriti menampilkan resep rizogalo panggang yang dibuat dengan kuning telur, kulit lemon, dan bubuk mastiha (minuman keras) dengan pistachio bubuk di atasnya. “Bagi orang Yunani, rizogalo selalu menjadi hidangan manis yang terjangkau, mudah dibuat, dan memuaskan,” katanya. “Anda bisa membumbuinya dengan bahan-bahan khas Yunani seperti Krokos Kozanis ( kunyit ) atau mastiha.”

Meskipun ada persaingan dengan manisan Barat yang lebih rumit, rizogalo memiliki nilai sentimental yang dalam bagi banyak orang Yunani. “Rizogalo bisa dengan mudah menghilang seiring berjalannya waktu, tetapi saat ini, Anda dapat menemukannya di toko susu, toko roti, supermarket, dan toko kue,” kata Doriti. “Ini kembali populer karena bebas gluten dan rendah gula. Orang tua membelikannya untuk anak-anak mereka.” Doriti menunjukkan bahwa ini adalah resep yang mudah disesuaikan dan dapat dibuat dengan susu vegan atau tanpa gula, sementara restoran bereksperimen dengan nasi liar, merah, atau hitam .

Sebagai orang dewasa, setiap kali saya mencelupkan sendok ke dalam rizogalo yang menghangatkan jiwa dengan taburan kayu manis yang pedas, pikiran saya mengirim saya kembali ke masa kanak-kanak dan kehangatan rumah, ketika hidup lebih sederhana dan tagihan adalah sesuatu yang orang tua saya khawatirkan. Dan dalam pengembaraan saya di sekitar Athena , sungguh melegakan menemukan hidangan kelas pekerja yang tak lekang oleh waktu ini masih hidup dan sehat. Jika Anda berencana berkunjung ke ibu kota Yunani, inilah tempat penduduk setempat pergi untuk mencicipi makanan asli.

Varsos
Pada tahun 1892, Vassilios Varsos berusia 17 tahun ketika ia membuka pabrik susu di pusat kota Athena. Tiga puluh tahun kemudian, pengusaha visioner ini pindah ke pinggiran utara Kifissia yang makmur. Saat ini, produk susu tertua dan paling disukai di Athena menyajikan 300 porsi rizogalo pada hari-hari tersibuknya. Para pengunjung tetap berkumpul di kafe toko kue kuno untuk berbincang panjang lebar sambil menikmati kopi kental Yunani. Rizogalo yang lembut disajikan dalam mangkuk teal dangkal di atas alas piring yang bertuliskan moto toko: “melawan segala rintangan”. Rekan pemilik generasi ketiga Giorgos Varsos, 76, sangat berpegang teguh pada tradisi. Resep kuno kakeknya dibuat dengan susu sapi, nasi nihaki putih berbiji panjang, dan sejumput kulit lemon.

Stani
Stani , yang berarti kandang ternak, adalah salah satu perusahaan susu tradisional terakhir yang pernah berkembang di pusat kota Athena. Nikolaos Karageorgiou didirikan di Piraeus pada tahun 1931, memindahkan bisnisnya ke pinggir jalan Omonia Square pada tahun 1949, dan menjadi andalan Athena yang dicintai sejak saat itu. Foto monokrom yang menggambarkan Barba (paman) Niko mengantarkan camilan manis dengan kuda dan kereta menghiasi dinding. Di sini, rizogalo dibuat dengan susu sapi dari dataran tinggi Korintus dan disendok ke piring, memungkinkan taburan kayu manis dalam jumlah banyak. Harapkan antrean di musim panas, ketika wisatawan memenuhi beberapa meja atau dengan sabar mengantri untuk mencicipi hidangan klasik yang lembut dan cukup manis.

Asimakopouli
Kota Exarchia yang terdalam mungkin memiliki sifat pemberontakan, namun di sana juga Anda akan menemukan salah satu benteng terakhir yang mempertahankan produk susu kuno yang bonafid. Bekas perusahaan susu ini , didirikan pada tahun 1915, berkembang menjadi toko kue namun tidak pernah melupakan akarnya yang sederhana. Anggota generasi ketiga keluarga Asimakopoulos bangga dengan rizogalo mereka. Dijual dalam bak kecil bening, hanya untuk dibawa pulang, disimpan baris demi baris di lemari es di bawah meja marmer Pentelic putih yang sejuk. Teksturnya yang halus dan rasa yang sedikit lebih manis dari versi susu sapi ini memikat para remaja dan mahasiswa yang memiliki anggaran terbatas.

Kostarelos
Di Kolonaki kelas atas, pembuat keju generasi ketiga yang luar biasa Kostarelos , yang keahlian produk susunya dimulai pada tahun 1937, mengoperasikan bar anggur deli-kafe-anggur yang apik. Di sana, Anda akan menemukan rizogalo yang dibuat dengan kombinasi susu domba dan kambing — yang paling langka ditemukan — terutama di jantung kota. Sebelum menaburkan kayu manis, cicipi kayu manis dalam bentuk paling murni agar Anda dapat merasakan rasa yang kaya dan matang. Susu bersumber dari para penggembala di pulau Evia untuk membuat rizogalo sendiri sesuai dengan resep rahasia nenek Alexandra. Di musim dingin, hidangan ini juga disajikan hangat, tetapi disajikan dengan cepat karena panci akan kosong sekitar tengah hari. Bak mandi berpendingin tersedia untuk dibawa pulang.

Magginas Kalyviotiko
Berbasis di sebelah timur Athena di pedesaan Kalyvia, keluarga Magginas telah berkecimpung dalam bisnis produk susu sejak tahun 1952. Sejak pembukaan kafe toko kue pintar mereka pada tahun 2020 di Glyfada, pinggiran pantai selatan Athena yang megah, basis penggemar mereka telah berkembang secara signifikan. Penduduk lokal dan pejalan kaki mampir untuk menikmati rizogalo dan espresso yang lezat — perpaduan yang luar biasa nikmat. Ini adalah rizogalo yang perlu diingat, dibuat dengan susu kambing atau sapi yang bersumber dari peternak sapi perah skala kecil sesuai dengan resep keluarga yang sangat seimbang. Dengan jumlah rasa manis dan perbandingan susu dan nasi yang pas, kedua versi ini sama-sama ringan dan empuk. (patrisia argi)

Patrisia Argi Satuti:
Tinggalkan Komentar