Program Sertifikat Tanah Tuntas, Sebanyak 1.623 Sertifikat Dibagikan Melalui Camat

Bupati Sukoharjo Wardoyo Wijaya didampingi Sekda Agus Santosa secara simbolis menyerahkan sertifikat pada Camat Grogol, Bagas Windaryatno, Senin (20/7/2020).

Sukoharjonews.com (Bendosari) – Program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) yang bersumber dari APBD Sukoharjo tahun 2019 telah tuntas dengan terbitnya sertifikat dari Badan Pertanahan Nasional (BPN). Ada sebanyak 1.623 sertifkikat yang telah terbit dan diserahkan secara simbolis dari Bupati Sukoharjo, Wardoyo Wijaya pada 12 camat di Loby Kantor Bupati, Senin (20/7/2020). Selanjutnya, camat akan meneruskan sertifikat tersebut pada kepala desa/lurah hingga sampai masyarakat.



“Sertifikat yang diserahkan hari ini merupakan kegiatan PTSL yang dibiayai APBD Sukoharjo tahun 2019,” jelas Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Sukoharjo, Bowo Sutopo Dwi Atmojo.

Dikatakan Bowo, biaya yang dianggarkan untuk PTSL 2019 tersebut sebesar Rp1,5 miliar dengan output 1.623 sertifikat dan 9.999 perbaikan data bidang tanah di Sukoharjo. Dari 1.623 sertifikat yang diserahkan hari ini, ujar Bowo, terdiri dari 1.066 sertifikat tanah warga, 79 sertifikat tanah aset Pemkab, dan 478 sertifikat tanah aset pemerintah desa.

“Sebanyak 1.623 sertifikat tersebut berada di 78 desa/kelurahan di 12 kecamatan di Sukoharjo,” ujar Bowo.

Dia menambahkan, karena masih dalam situasi pandemi corona, sertifikat tidak bisa diserahkan secara langsung pada masyarakat penerima. Pasalnya, saat ini masih dijalankan “social distancing” dengan pembatasan kegiatan yang bersifat kerumunan massa.

Sedangkan Bupati Sukoharjo Wardoyo Wijaya menyampaikan, kegitana PTSL atau yang awalnya dikenal dengan istlah Prona merupakan salah satu program Nawacita Presiden Jokowi. Program tersebut memberikan subsidi pada masyarakat dalam hal pembiayaan pensertifikatan tanah. Program tersebut senada dengan program di Sukoharjo yang sudah berjalan sejak tahun 2010.

“Jadi, karena di Sukoharjo sudah ada program Proda sejak 2010, program PTSL pemerintah pusat tinggal melanjutkan dan cepat selesai dibanding daerah lain di Indonesia. Setelah penyerahan sertifikat ini, Kabupaten Sukoharjo menjadi Kabupaten Tertib Sertifikat,” ujarnya. (erlano putra)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *