Prinsip Memilih Makanan untuk Penderita Tipes

Memilih makanan untuk penderita tipes.(Foto: momsid)

Sukoharjonews.com – Tipes atau demam tifoid merupakan penyakit yang disebabkan oleh infeksi bakteri Salmonella typhi. Penyakit ini umumnya disebarkan melalui makanan maupun minuman yang telah terkontaminasi feses atau air seni penderitanya sehingga bakteri penyebab tipes akan masuk ke dalam tubuh penderita dan memicu gejala tipes.


Dilansir dari HDMall, Selasa (11/6/2024), penderita tipes perlu memperhatikan jenis makanan yang dikonsumsi. Agar cepat sembuh, penderita tipes dianjurkan untuk mengonsumsi makanan yang bersifat lunak dengan kandungan protein tinggi dan rendah serat.

Selain itu, rekomendasi makanan untuk penderita tipes adalah dengan memperbanyak sumber makanan berkalori tinggi dan menghindari makanan berserat, pedas, asam, serta makanan berminyak.
Makanan berkalori tinggi yang mudah dicerna oleh tubuh untuk menjadi energi juga dapat membantu menjaga berat badan agar tetap stabil.

1. Bubur
Salah satu rekomendasi makanan untuk penderita tipes adalah bubur. Selain memiliki tekstur halus, bubur juga lebih mudah dicerna sehingga tidak memberatkan fungsi kerja sistem pencernaan selama sakit tipes. Resep bubur bisa disajikan bersamaan dengan ayam suwir dan kecap manis.

2. Telur
Telur dikenal sebagai salah satu sumber protein yang sangat tinggi dan mengandung banyak nutrisi penting, seperti kalsium, mineral, zat besi, dan asam amino esensial.
Oleh karena itu, telur menjadi makanan untuk penderita tipes yang sangat dianjurkan dan bisa disajikan dalam bentuk telur rebus, telur dadar, maupun telur mata sapi.


3. Kentang
Kentang yang diolah menjadi kentang tumbuk atau mashed potato bisa menjadi pilihan menu makanan untuk penderita tipes. Kandungan protein dan karbohidrat tinggi dalam kentang tumbuk diharapkan dapat membantu mempercepat kesembuhan penyakit tipes.

4. Puding
Selain enak dan dapat menambah nafsu makan, puding yang memiliki tekstur lembut serta mudah dicerna juga biasanya mengandung gula yang bisa menjadi sumber energi bagi tubuh saat sakit tipes. Puding bisa disajikan dengan beragam topping dan campuran buah-buahan.

5. Ikan
Beberapa jenis ikan laut, seperti salmon, tuna, dan makarel kaya akan asam lemak omega 3 yang cocok menjadi makanan untuk penderita tipes.
Manfaatnya dapat membantu mengurangi peradangan serta mempercepat pemulihan gejala tipes. Ikan dapat dimasak dengan cara direbus, dikukus, ataupun dipepes dengan tambahan rempah-rempah agar nutrisinya semakin lengkap.


6. Nasi putih
Selain bubur, penderita tipes juga boleh mengonsumsi nasi putih. Nasi sendiri termasuk jenis karbohidrat sederhana tinggi kalori yang dapat memberikan energi instan bagi penderita tipes selama masa pemulihan.

Nasi putih sebaiknya disajikan dengan tekstur yang lebih lembut sehingga mudah dikunyah serta sebagai pelengkap bisa ditambahkan telur rebus, jamur, dan dada ayam.

7. Dada ayam
Daging dada ayam termasuk sumber protein yang memiliki kandungan lemak lebih sedikit dan bisa menjadi makanan untuk penderita tipes.
Satu porsi dada ayam umumnya mengandung protein sekitar 25 gram dengan kalori sebesar 170 kkal yang ditambah dengan kandungan zat besi di dalamnya mampu mencukupi 4% dari nilai harian zat besi yang direkomendasikan.


8. Pisang
Buah pisang bagus dikonsumsi penderita tipes atau demam tifoid untuk membantu meredakan gejala tipes, seperti demam dan diare. Hal ini dikarenakan pisang termasuk buah yang kaya nutrisi, seperti senyawa pektin dan potasium yang tinggi untuk menggantikan elektrolit tubuh yang hilang.

9. Madu
Madu sudah dikenal memiliki banyak manfaat bagi kesehatan dan menjadi obat alami dari beragam macam penyakit. Madu mengandung glukosa dan fruktosa yang mampu meningkatkan energi serta membantu menjaga sistem imun tubuh. Masukkan satu sendok madu ke dalam segelas air hangat dan minumlah setiap hari.

10. Cranberry
Cranberry merupakan jenis buah berry yang memiliki sifat anti-bakteri karena mengandung senyawa antioksidan dan nutrisi penting di dalamnya. Buah cranberry juga berperan dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan menjadi jenis makanan untuk penderita tipes.(patrisia argi)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *