PPDB SMP Sukoharjo Ditutup, 18 SMP Negeri Masih Kekurangan Murid

Ilustrasi.

Sukoharjonews.com (Sukoharjo) – Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) jenjang SMP di Kabupaten Sukoharjo resmi ditutup. Hingga penutupan pada 22 Juni lalu, tercatat sebanyak 18 SMP Negeri (SMPN) masih kekurangan murid. Menyikapi kondisi tersebut, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Sukoharjo masih memberikan kesempatan pada sekolah yang kekurangan murid membuka PPDB secara offline.

“Untuk sekolah yang masih kekurangan murid, masih diberi kesempatan membuka PPDB secara offline hingga sebelum hari pertama masuk sekolah pada 11 Juli nanti,” terang Kabid SMP Disdikbud Sukoharjo, Warsini, Jumat (24/6/2022).

Dikatakan Warsini, seperti pengalaman PPDB selama ini, diakuinya masih banyak sekolah negeri yang masih kekurangan murid hingga penutupan PPDB. Untuk itu, PPDB offline masih diperbolehkan hingga kuota terpenuhi.

Disinggung faktor masih banyak sekolah yang kekurangan kuota murid, Warsini mengaku ada banyak faktor. Antara lain lokasi sekolah tersebut memang berada di daerah pinggiran sehingga sulit dijangkau dengan alat transportasi.

Selain itu, ujarnya, juga banyak sekolah di luar SD Negeri yang lulusannya tidak mengikuti PPDB Online tetapi mendaftar ke sekolah yang lain.

Namun demikian, lanjut dia, berdasarkan pengalaman-pengalaman sebelumnya, kuota siswa bagi sekolah yang belum terpenuhi itu bisa terpenuhi saat tahun ajaran dimulai.

“Kalau sampai tahun ajaran baru dimulai ternyata kuota tidak terpenuhi, ya pembelajaran tetap dilaksanakan dengan jumlah murid yang ada,” ujarnya.

Warsini juga mengatakan, kondisi setiap sekolah yang kekurangan murid berbeda-beda, ada yang kekurangan cukup banyak, namun ada pula yang kekurangannya sedikit.

Disisi lain, usai PPDB online selesai, tahapan selanjutnya adalah pengumuman dan sekaligus daftar ulang bagi murid yang diterima, tahapan ini dilakukan mulai 24-25 Juni.

Berdasarkan data yang ada di website resmi PPDB Sukoharjo, terdapat 26 sekolah yang kuota siswanya belum terpenuhi hingga penutupan PPDB Online di Sukoharjo. Sekolah-sekolah tersebut di antaranya, 18 SMP Negeri dan delapan SMP swasta. (nano)

Nano Sumarno:
Tinggalkan Komentar