PPDB Online SMP Sukoharjo, Kuota Siswa Sejumlah Sekolah Belum Terpenuhi 100%

Ilustrasi.

Sukoharjonews.com (Sukoharjo) – Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Online SMP di Kabupaten Sukoharjo memasuki haru kedua. Terpantau daya tampung siswa baru di 50 SMP negeri dan swasta yang mengikuti PPDB Online belum terpenuhi 100%. Bahkan, masih ada sekolah yang masih nol pendaftar.

“Sidah ada evaluasi pelaksanaan hari pertama PPDB tahap 2 yang digelar. Pada hari pertama 3 Juli 2023 berjalan lancar. Tidak ada kendala besar dalam pelaksanaan di sekolah. Namun demikian petugas sempat dibuat kewalahan karena animo orang tua murid menyasar sejumlah sekolah unggulan,” ujar Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Sukoharjo, Heru Indarjo, Selasa 94/7/2023).

Temuan lainnya terkait kondisi server yang sempat bermasalah karena banyak orang tua murid dan calon siswa baru memantau melalui website PPDB online yang disediakan Disdikbud Sukoharjo di alamat http://ppdb-sukoharjo.net. Kendala tersebut dengan cepat dapat teratasi setelah dilakukan pembenahan.

Heru mengaku Disdikbud memantau data berdasarkan pelaksanaan hari pertama PPDB tahap 2 pada 3 Juli dan hari kedua 4 Juli hingga pukul 09.30 WIB diketahui sudah banyak calon siswa baru yang mendaftar sekolah. Namun demikian, daya tampung yang disediakan di 50 SMP negeri dan swasta belum sepenuhnya terisi 100%.

Heru menjelaskan berdasarkan data sampai pukul 09.30 WIB diketahui jumlah pendaftar jalur afirmasi 1.435 siswa, jalur zonasi 3.270 siswa, jalur prestasi 453 siswa dan jalur perpindahan orang tua 29 siswa.

Data Disdikbud Sukoharjo diketahui daya tampung untuk jalur lingkungan dan zonasi sebanyak 6.241 siswa baru, jalur afirmasi 2.148 siswa baru, jalur perpindahan dan anak guru 274 siswa baru, jalur prestasi 1.374 siswa baru.

“Berdasarkan daya tampung dan jumlah pendaftar kami lihat di online sementara masih banyak tersisa. Daya tampung belum penuh 100% disemua sekolah,” lanjutnya.

Disdikbud Sukoharjo melihat kondisi sekarang masih wajar karena baru hari kedua pelaksanaan PPDB online. Pemantauan masih akan dilakukan penuh hingga batas waktu pendaftaran ditutup. “Sampai hari ketiga terakhir 5 Juli nanti akan diketahui jumlah pasti pendaftar di masing-masing sekolah,” lanjutnya.

Heru menjelaskan, dengan pelaksanaan PPDB online ini bisa terjadi pemerataan penerimaan siswa baru di sekolah baik negeri dan swasta. Sebab semua proses pendaftaran berjalan melalui sistem komputer. (nano)

Nano Sumarno:
Tinggalkan Komentar