Ponsel Cerdas HMD yang Terinspirasi Nokia Lumia Akhirnya Hadir dengan Fokus pada Kemampuan Perbaikan

HMD Skyline. (Foto: Gizmochina)

Sukoharjonews.com – Setelah rentetan bocoran dan rumor, HMD akhirnya memperkenalkan smartphone Skyline. Seperti yang diharapkan, perangkat ini mengambil inspirasi desain dari bahasa desain Fabula Nokia Lumia dan merupakan smartphone paling kuat yang pernah dibuat HMD sejauh ini. Mari selami spesifikasi, fitur, dan harganya.

Spesifikasi HMD Skyline
Dikutip dari Gizmochina, Selasa (23/7/2024), seperti disebutkan sebelumnya, Skyline mengambil inspirasi desain dari desain Fabula Nokia, yang ditandai dengan sisi membulat dan ujung persegi. Di bagian depan, ia menampilkan layar OLED 6,5 inci dengan resolusi Full HD+ dan kecepatan refresh 144Hz. Layarnya memiliki lubang punch-hole yang menampung kamera depan 50MP untuk selfie.

Di bagian dalamnya, Skyline ditenagai oleh chipset Snapdragon 7s Gen 2, dipasangkan dengan RAM 8 GB atau 12 GB. Pilihan penyimpanan berkisar dari 128GB hingga 256GB, dengan slot kartu microSD yang dapat diperluas hingga tambahan 512GB.

Ponsel ini memiliki pengaturan tiga kamera di bagian belakang, terdiri dari sensor utama 108MP, lensa ultrawide 13MP, dan lensa telefoto 50MP yang menawarkan zoom hingga 4x. Ia juga dilengkapi teknologi AI Capture Fusion dari HMD, yang memaksimalkan detail dalam foto.

Skyline ditenagai oleh baterai 4.600mAh yang mendukung pengisian daya kabel 33W dan pengisian nirkabel Qi2 magnetik 15W. Sayangnya, HMD tidak menyertakan adaptor yang kompatibel di dalam kotaknya. Anda dapat membeli pengisi daya dinding 33W dengan tambahan 30 Poundsterling atau Rp627 ribuan serta adaptor port ganda 30W seharga 20 Pounsterling atau Rp418 ribuan di situs web mereka.

Ponsel ini menjalankan Android 14 dan dijanjikan akan menerima dua pembaruan OS utama dan patch keamanan selama tiga tahun. Ini juga mencakup “Mode Detoks” untuk membatasi notifikasi dan akses media sosial bagi mereka yang mencari detoks digital, dan terdapat tombol yang dapat disesuaikan di samping untuk akses cepat ke aplikasi dan fitur pilihan.

Fitur menonjol dari HMD Skyline adalah kemampuan perbaikannya. HMD mengklaim perangkat tersebut dapat diperbaiki dalam waktu kurang dari sepuluh menit berkat desain “Kemampuan perbaikan Gen 2”. Pengguna sendiri dapat dengan mudah mengganti komponen seperti layar, baterai, dan port pengisian daya menggunakan kit iFixit standar. Suku cadangnya akan tersedia langsung dari HMD.

Harga dan Ketersediaan
HMD Skyline dibanderol dengan harga USD499 atau Rp8 jutaan. Jika perangkat Anda rusak dan Anda ingin memperbaikinya sendiri, Anda dapat membeli layar seharga USD95 atau Rp1,5 jutaan, penutup baterai seharga USD30 atau Rp486 ribuan, baterai seharga USD25 atau Rp405 ribuan, dan port pengisian daya seharga USD20 atau Rp324ribuan. Untuk pembelian pertama Anda, Anda harus mendapatkan kit perbaikan dari iFixit, dengan biaya tambahan USD5 atau Rp81 ribuan. (nano)

Nano Sumarno:
Tinggalkan Komentar