Wardoyo Resmi Daftar Cagub Jateng

No comment 383 views

Bupati Sukoharjo H Wardoyo Wijaya SH MH didampingi istri Hj Etik Suryani SE saat mendaftar sebagai Bacagub di DPD PDI Perjuangan Jateng.

Sukoharjonews.com – Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PDI Perjuangan H Wardoyo Wijaya SH MH akhirnya resmi mendaftarkan diri sebagai bakal calon gubernur (bacagup) Jawa Tengah ke DPD PDI Perjuangan Jawa Tengah. Wardoyo yang juga Bupati Sukoharjo tersebut bersaing untuk mendapatkan rekomendasi dari Ketua Umum DPP PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri.

Pendaftaran sendiri diantar ratusan kader dan simpatisan dari Sukoharjo, Karanganyar, dan juga Wonogiri. Bahkan, sejumlah organisasi kemasyarakatan (Ormas) dan juga organisasi keagamaan juga turut serta mengantar pendaftaran tersebut.

Meski banyak kader PDI Perjuangan yang mendaftar, Wardoyo tidak mempermasalahkannya. Menurutnya, pendaftaran tersebut bersifat terbuka sehingga masyarakat umum juga bisa mendaftar. Yang jelas, soal siapa yang akan mendapatkan rekomendasi, sepenuhnya kewenangan Ketua Umum DPP PDI Perjuangan Megawati. “Saya maju mendaftar ini juga atas perintah partai,” ujarnya.



Wardoyo juga mengatakan, soal rekomendasi dari DPP akan jatuh diberikan pada siapa saja, dirinya siap mendukung. Sebagai kader PDI Perjuangan, dirinya siap mengikuti perintah dari partai. ”Kewenangan rekomendasi mutlak DPP. Siapa saja yang mendapat rekomendasi kita siap mendukung. Tegak lurus instruksi partai,” tandasnya.

Sedangkan Bupati Wonogiri Joko Sutopo yang akrab disapa Jekek menyatakan dukungannya terhadap Wardoyo yang maju sebagai bakal calon gubernur Jateng dengan mendaftar ke DPD PDI Perjuangan. Bentuk dukungan tersebut dia wujudkan dengan mendampingi Wardoyo ketika resmi mendaftar dengan mengembalikan formulir pendaftaran ke DPD PDI Perjuangan.

Jekek menuturkan, secara historis dirinya dan Wardoyo berasal dari wilayah yang sama yakni Selogiri, Wonogiri. Selain itu, tidak dipungkiri Wardoyo merupakan kader PDI Perjuangan dan senior sebagai kepala daerah. “Ini sebagai bentuk solidaritas mendukung sesama kader,” paparnya.

Seperti diketahui, Wardoyo sendiri pernah menjabat Ketua DPRD Sukoharjo periode 2004-2009 dari Fraksi PDI Perjuangan. Usai terpilih kembali dalam Pemilu Legislatif (Pileg) 2009, Wardoyo kemudian ditetapkan sebagai Ketua Komisi IV DPRD Sukoharjo periode 2009-2014. Di tengah perjalanannya, Wardoyo memutuskan maju sebagai calon bupati pada Pilkada 2010. Saat itu dia berpasangan dengan Haryanto dan menjadi pemenang Pilkada. Setelah itu pada Pilkada 2015, Wardoyo kembali terpilih sebagai bupati dengan berpasangan dengan Purwadi. Wardoyo terpilih dengan perolehan suara hingga 84%. Perolehan suara tersebut merupakan terbesar di Jawa Tengah dan terbesar ketiga secara Nasional dalam Pilkada serentak 2015 tersebut. (erlano putra)

Share: