KPU Rekrut Relawan Demokrasi, Kalau Minat Silahkan Daftar, Ada Honornya Tuh

KPU Rekrut Relawan Demokrasi, Kalau Minat Silahkan Daftar, Ada Honornya Tuh
5 (100%) 1 vote

Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sukoharjo. (Ilustrasi)

Sukoharjonews.com (Sukoharjo) – Dalam upaya meningkatkan partisipasi pemilih pemilu pada 17 April nanti Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sukoharjo merekrut Relawan Demokrasi. Pendaftaran dan seleksi administrasi untuk Relawan Demokrasi sendiri dilakukan 10-15 Januari ini. Setidaknya KPU membutuhkan sebanyak 55 relawan yang akan ditempatkan di masing-masing daerah pemilihan (Dapil). Meski relawan, jika peminat melebihi kebutuhan, KPU akan menggelar seleksi.



“Pendaftaran sudah dibuka. Bagi yang berminat silahkan mendaftar langsung ke Kantor KPU,” ujar Komisionr KPU Sukoharjo Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih Partisipasi Masyarakat dan SDM Suci Handayani, Jumat (11/1).

Dikatakan Suci, Relawan Demokrai tersebut difokuskan menyasar generai milenial dan juga pemilih pemula. Selain untuk meningkatkan partisipasi masyarakat, relawan juga melakukan tugas sosialisasi mengenai pemilu presiden dan pemilu legislatif 2019 ini. Keberadaan relawan tersebut diharapkan bisa meningkatkan kualitas dan partisipasi pemilu nanti.

Suci mengaku, dari data yang ada, partisipasi pemilih di Sukoharjo cenderung turun. Untuk itu, dalam rangka meningkatkan partisipasi pemilih dan kualitas pemilu, KPU merekrut Relawan Demokrasi tersebut. “Rencananya, seleksi wawancara akan dilakukan pada 16 Januari dan penetapan serta pengumuman dilakukan pada 17 Januari.

Berdasarkan data di KPU Sukoharjo, tingkat partisipasi pemilih pada pemilu 2004 sebesar 84%, pemilu 2009 turun menjadi 71% dan di pemilu 2014 sedikit meningkat menjadi 73%. Relawan tersebut nantinya akan menjadi mitra KPU dalam melakukan sosialisasi dengan melibatkan instansi terkait. Mereka akan bertugas mengumpulkan massa dan memberikan sosialisasi mengenai tahapan-tahapan pemilu.

Disinggung soal persyaratan, Suci menyatakan antara lain batas minimal usia 17 tahun dan pendidikan SMA atau sederajat. Syarat lainnya adalah partisipan, telah terdaftar sebagai pemilih serta berdomisili di wilayah setempat (Dapil). (erlano putra)



Share:

Facebook Comments

News Feed