Debat Kedua Pilgub Jateng Digelar di Solo Baru

Komisioner KPU Jateng Dian Ariyanti melayani wartawan untuk wawancara terkait agenda debat kedua Pilgub Jateng di Hotel Bes Western Solo Baru, Grogol, Sukoharjo, Rabu (2/5).

Sukoharjonews.com (Grogol) – Debat kedua Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jateng akan digelar di Solo Baru, Grogol, Sukoharjo pada Kamis (3/5) besok. Rencananya, debat tersebut akan disiarkan langsung dua televisi nasional mulai pukul 17.30 WIB hingga 21.30 WIB. Debat kedua nanti akan mengambil tema pelayanan publik dan perekonomian.



Komisioner KPU Jateng Dian Ariyanti pada wartawan menjelaskan, debat kedua Pilgub Jateng nanti akan digelar di Hotel Best Western. Sedangkan dua televisi nasionak yang akan menyiarkan secara langsung adalah TV One dan Metro TV. Rencananya, ada lima panelis yang akan dihadirkan dalam debat kedua nanti.

“Lima panelis yang dipilih KPU disesuaikan dengan bidangnya sesuai tema yang diangkat. Untuk materi yang akan ditanyakan oleh panelis, saat ini masih rahasia. Kami sendiri belum tahu,” ujar Dian.

Menurutnya, lima panelis sudah menandatangani pakta integritas sehingga tidak akan membocorkan materi yang akan ditanyakan pada pasangan calon (paslon) peserta Pilgub Jateng. Dalam debat nanti, KPU menyampaikan 440 undangan yang bisa masuk ke dalam ruangan. Terdiri dari 100 pendukung masing-masing paslon, dan juga undangan untuk KPU di 35 kabupaten/kota, Organisasi Perangkat daerah (OPD) provinsi, kalangan disabilitas provinsi, serta kepala daerah se-Solo Raya.

Disisi lain, Dian juga mengatakan, KPU juga sudah memberikan imbauan pada daerah-daerah di Jateng untuk nonton bareng agenda debat tersebut. Hal itu dalam rangka mengedukasi masyarakat agar tidak salah pilih dalam Pilgub nanti. “Dengan memasifkan edukasi hingga tingkat desa dan kekurahan diharapkan tidak terjadi friksi antar pendkung paslon serta penyelenggara meski ada pilkada,” ujarnya.

Kenapa debat digelar di Solo Baru, Sukoharjo?Dian mengaku hanya pertimbangan teknis saja dimana salah satunya pertimbangan tempat yang representatif. Pasalnya, debat tersebut disiarkan secara langsung oleh dua televisi nasional. Yang jelas, ujar Dian, lokasi debat masih dalam wilayah pemilihan.

Rencananya, debat kedua nanti akan dibagi dalam lima segmen. Masing-masing segmen pemaparan dan penajaman visi misi, segmen tanya-jawab-tanggap pertanyaan dari panelis, segmen tanya-jawab-tanggap pertanyaan dari masyarakat, segmen tanya-jawab-tanggap antar cagub, segmen tanya-jawab-tanggap antar cawagub, dan segmen statement penutup.

“Kami juga akan menyediakan layar lebar di luar ruangan untuk antisipasi pengunjung yang tidak bisa masuk ruangan debat,” tambah Dian. (erlano putra)



How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *