Pola Makan yang Lebih Banyak Membahayakan daripada Menguntungkan bagi Wanita dengan PCOS

Diet buruk untuk penderita PCOS.(Foto: yoona)

Sukoharjonews.com – PCOS (Sindrom Ovarium Polikistik) merupakan salah satu masalah hormonal yang paling umum dialami wanita usia produktif. Dalam kondisi ini, wanita mungkin mengalami gejala seperti menstruasi tidak teratur atau terlambat, masalah kesuburan, pertumbuhan rambut berlebihan terutama di wajah dan jerawat. Jika Anda menderita PCOS atau baru saja didiagnosis menderitanya, Anda pasti tahu betapa sulitnya kondisi ini. Meskipun tidak ada obat permanen untuk kondisi ini, kabar baiknya adalah Anda dapat mengatasinya. Bagaimana caranya?


Dikutip dari NDTV Food, pada Jumat (20/9/2024), berikut diet terburuk bagi penderita PCOS:

1. Puasa Intermiten
Puasa intermiten (IF) telah muncul sebagai diet populer akhir-akhir ini. Dalam hal ini, Anda diharuskan untuk bergantian antara periode makan dan puasa. Meskipun puasa intermiten mungkin cocok untuk sebagian orang, Rashi menyarankan untuk menghindarinya jika Anda menderita PCOS. Jika Anda melakukan puasa intermiten setiap hari, dan tidak secara siklis, hal itu akan meningkatkan kadar kortisol dan menurunkan progesteron. Jika hal ini terjadi, hormon Anda dapat terganggu dan kondisi Anda akan memburuk.

2. Diet Rendah Kalori
Diet rendah kalori sangat bagus untuk menurunkan berat badan, tetapi tidak untuk penderita PCOS. Menurut Rashi, mengonsumsi makanan rendah kalori seperti salad sepanjang waktu dapat lebih banyak menimbulkan kerugian daripada manfaatnya. Bahkan, hal itu dapat memperburuk kondisi Anda. Hal ini karena tubuh Anda mungkin masuk ke mode bertahan hidup, alih-alih berfokus pada proses pertumbuhan seperti ovulasi. Anda mungkin mengalami menstruasi, tetapi ini tidak selalu berarti Anda sedang berovulasi. Oleh karena itu, penting untuk memenuhi asupan kalori harian yang direkomendasikan, yaitu sekitar 1600 hingga 2400 kalori sehari.


3. Diet Buah Sepenuhnya
Apakah Anda selalu mengonsumsi buah-buahan karena mengira buah-buahan itu sehat? Nah, inilah alasan mengapa Anda tidak dapat mengelola gejala-gejala Anda, terutama jika Anda memiliki PCOS yang resistan terhadap insulin. Bagi yang belum tahu, jenis PCOS ini disebabkan oleh disregulasi gula darah. Ahli gizi menjelaskan bahwa mengonsumsi terlalu banyak buah sekaligus dapat menyebabkan lonjakan cepat kadar gula darah Anda. Jadi, meskipun Anda mengira Anda makan sehat, hal itu dapat memperburuk hormon Anda. Jika Anda menginginkan hormon yang seimbang, mulailah dengan kadar gula darah yang seimbang.

Sekarang setelah Anda mengetahui apa yang harus dihindari untuk PCOS, Anda pasti bertanya-tanya apa yang harus dimakan. Pertama-tama, pastikan untuk memperkaya pola makan Anda dengan makanan berserat tinggi dan berprotein tinggi. Ini termasuk semua jenis buah dan sayuran, terutama sayuran berdaun hijau. Di sisi lain, makanan kaya protein akan membantu meningkatkan rasa kenyang dan sensitivitas insulin. Selain itu, Anda juga harus memasukkan asam lemak omega-3 dalam pola makan Anda karena dapat membantu meningkatkan kesuburan, mengatur hormon, dan bahkan mengurangi pertumbuhan rambut wajah. Saat mencoba mengelola PCOS, fokus Anda harus pada mengikuti pola makan yang seimbang, bukan yang ketat.(cita septa)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *