Pilkada Sukoharjo, Golkar dan PAN Berkoalisi, Siap Usung Kandidat Sendiri

Ilustrasi Maskot Pilkada Sukoharjo 2024.

Sukoharjonews.com – Beberapa bulan menjelang Pilkada 2024, dinamika politik di Kabupaten Sukoharjo semakin intens. Kali ini, Partai Golkar menyatakan berkoalisi dengan PAN dan akan mengusung pasangan calon sendiri. Pasalnya, koalisi dua partai tersebut sudah memenuhi syarat minimal mengusung kandidat sendiri, yakni sembilan kursi.

Seperti diketahui, dalam Pileg 2024 lalu, Partai Golkar memperoleh enam kursi sedangkan PAN memperoleh tiga kursi. “Kami (Golkar) dan PAN sepakat berkoalisi dan akan mengusung pasangan calon sendiri,” ujar Ketua DPD II Partai Golkar Sukoharjo, Sardjono, Senin (3/6/2024).

Menurut Sardjono yang juga Wakil Ketua DPRD Sukoharjo tersebut, selama ini Golkar intensif menjalin komunikasi dengan parpol lain. Hasilnya, PAN akhirnya bersedia berkoalisi agar bisa mengusung kandidat sendiri. Sardjono mengaku juga terus berkomunikasi dengan parpol lain meski saat ini sudah koalisi dengan PAN dan memiliki sembilan kursi.

Bahkan, Sardjono juga mengaku sudah memiliki cakal calon bupati (bacabup) yang akan diusung, yakni Harjanto yang diketahui seorang pengusaha. Saat ini, baliho Harjanto pun sudah banyak terpasang di sejumlah lokasi di Kabupaten Sukoharjo.

“Malam ini (Senin, 3 Juni), kami dan PAN akan bertemu untuk membahas lebih lanjut mengenai persiapan pilkada. Termasuk membahas untuk alternatif bakal calon wakil bupati yang akan dipasangkan dengan Harjanto,” ujarnya.

Sardjono juga mengatakan, nama Harjanto sudah diajukan ke DPP Golkar pada April 2024 lalu. Setelah pengajuan tersebut, DPP Golkar melakukan survei di daerah. Survei dilakukan DPP Golkar untuk mengetahui tingkat elektabilitas dan popularitas Bacabup Harjanto yang akan diusulkan maju dalam Pilkada 2024. (nano)

Nano Sumarno:
Tinggalkan Komentar