Piala AFF 2022, Ini Syarat Timnas Indonesia Lolos Semifinal

Timnas Indonesia. (Foto: Dok PSSI)

Sukoharjonews.com – Indonesia berada di Grup A Piala AFF 2022. Menjelang laga melawan Filipina pada Senin (2/1/2023), peluang Indonesia untuk lolos semifinal masih cukup besar. Saat ini, Indonesia berada di posisi kedua Grup A dengan poin 7 dibawah Thailand dengan poin sama dan berbeda selisih gol.


Thailand memiliki selisih gol lebih baik dengan +9 dan Indonesia dengan seligih gol +8. Sedangkan di posisi ketiga adalah Kamboja dengan 6 poin. Poin 7 Timnas Indonesia merupakan hasil dua kali menang dan satu kalh hasil imbang.

Nah, untuk lolos ke semifinal, setidaknya ada sejumlah syarat dalam laga melawan Filipina nanti. Syarat ini bisa dikatakan tidak terlalu sulit bagi anak asuh Shin Tae-yong.

Syarat pertama, Indonesia memang melawan Filipina. Dengan kemenangan atas Filipina akan memastikan Indonesia lolos semifinal Piala AFF 2022. Kemenangan akan membuat Indonesia mengantongi 10 poin dan poin tersebut tidak akan terkejar oleh Kamboja meski Kamboja menang atas Thailand.

Syarat kedua, Indonesia bermain imbang. Dengan hasil imbang atas Filipina juga membuat Timnas Indonesia mamastikan diri lolos semifinal. Tambahan satu poin akan menjadikan Indonesia menempati posisi runer up Grup A apapun hasil Thailand vs Kamboja.


Syarat ketiga. Meski Indonesia kalah dari Filipina, Timnas masih memiliki peluang lolos ke semifinal. Namun, untuk lolos semifinal harus bergantung pada laga lain, yakni Kamboja harus kalah dari Thailand.

Bagaimana jika Thailand vs Kamboja berakhir imbang? Nah, jika keduanya bermain imbang, Indonesia tidak boleh kalah dari Filipina dengan lebih dari tiga gol agar Indonesia tetap memiliki selisih gol yang lebih baik.

Dengan sejumlah syarat yang terbilang cukup besar tersebut, Indonesia sebenarnya bisa fokus untuk berusaha meraih juara grup. Hal itu agar dalam laga semifinal mendapatkan lawan yang lebih ringan.

Jika Indonesia menang atas Filipina dan Thailand juga menang atas Kamboja, maka penentuan juara grup akan ditentukan dengan selisih gol dan Indonesia tertinggal satu gol dengan Thailand. (nano)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *