Pesta Siaga Kwarcab, Barung Terbaik Putra dan Putri Wakili Sukoharjo di Tingkat Binwil

Ketua Kwarcab Sukoharjo, Agus Santosa secara simbolis mengalungkan tanda peserta Pesta Siaga 2022, Rabu (26/1/2022).

Sukoharjonews.com (Bendosari) – Kwarcab Sukoharjo menggelar Pesta Siaga tahun 2022 di SMPN 1 Bendosari, Rabu (26/1/2022). Kegiatan tersebut diikuti 24 barung putra dan barung putri perwakikan kwartir ranting se-Kabupaten Sukoharjo. Pesta Siaga Kwarcab Sukoharjo ini mengambil tema “Keren, Gembira, Asyik, dan Berprestasi”.


“Kegiatan ini bertujuan sebagai wahana pertemuan pramuka siaga untuk menambah persaudaraan, pengetahuan, keterampilan, patriotisme dalam wadah satu kegiatan yang kreatif, rekreatif, inovatif, dan produktif,” ujat Ketua Panitia, Sakirno.

Menurutnya, dalam pesta siaga tersebut masing-masing kwartir ranting mengirimkan 10 anak. Kegiatan dilakukan dalam taman meliputi taqwa kepada Tuhan YME, kerapian berpakaian, kemampuan indra manusia, scouting skill, dan bela negara. Selain itu, juga darts game, pentas budaya, Jateng gayeng, bumbung kemanusiaan, dan kebersihan lingkungan.

“Barung tergiat satu putra dan putri dalam Pesta Siaga ini akan mewakili Kwarcab Sukoharjo maju ke tingkat Binwil Surakarta yang akan dilaksanakan bulan Maret 3022 di Kota Solo,” ujar Sakirno.

Sementara itu, Ketua Kwarcab Sukoharjo, Agus Santosa, menyampaikan bahwa Pesta Siaga adalah kegiatan pertemuan antar pramuka untuk golongan siaga. Sifat dari kegiatan siaga harus rekreatif, bersenang-senang, riang gembiran, dan sesuai perkembangan rohani dan jasmana peserta didik usia siaga.

Agus berharap para peserta bisa menyajikan dan merealisasikan kegiatan-kegiatan yang positif dan inovatif untuk kemajuan kualitas Gerakan Pramuka Indonesia khususnya pada peserta didik golongan siaga. “Marilah kita berikan kesan yang menyenangkan sekaligus mendidik karena anak-anak kita sudah rindu kegiatan kepramukaan yang telah lama beku dan kurang aktif karena dampak pandemi corona,” ujar Agus.

Agus juga mengatakan, pertemuan sesama pramuka dapat memberikan berbagai macam fungsi untuk anggotanya. Antara lain memberikan suntikan semangat dan motivasi untuk mengikuti latihan rutin pramuka setiap minggu, menjadi wadah berbagi pengalaman, pengetahuan, dan kecakapan antar sesasa anggota pramuka, serta sebagai bahan penilaian dari kegiatan dan kecakapan peserta didik.

“Nikmati pesta siaga ini dengan ceria, riang gembiran, dan bersenang-senang. Jangan mudah lelah dan menyerah, ikutilah berbagai kegiatan lomba yang menarik dan menantang dalam kegiatan ini untuk mengasah pengetahuan dan kecakapan,” pesan Agus. (erlano putra)

Erlano Putra:
Tinggalkan Komentar