Persiapan Upacara HUT RI 2024 di IKN, Progres Proyek Lapangan Upacara dan Istana Negara Capai 77%

Menteri BUMN Erick Thohir saat meninjau lapangan upacara di Ibukota Negara Nusantara (IKN) dalam rangka mempersiapkan HUT Kemerdekaan RI ke-79. (Foto: Dok Kementerian BUMN)

Sukoharjonews.com (Jakarta) – BUMN siap memenuhi kebutuhan fasilitas yang mendukung pelaksanaan HUT Kemerdekaan RI ke-79 di Ibukota Negara Nusantara (IKN). Hal itu disampaikan oleh Menteri BUMN Erick Thohir saat melakukan kunjungan dan memantau Proyek Lapangan Upcara dan Istana Negara di IKN.

Rencananya, HUT RI ke-79 pada 17 Agustus mendatang akan dilaksanakan di IKN. Erick menekankan pentingnya agar acara kenegaraan perdana di IKN dapat berjalan lancar sesuai dengan rencana.

Proyek Lapangan Upacara dan Istana Negara di IKN saat ini sedang dikerjakan oleh BUMN Karya sebagai bagian dari persiapan untuk HUT RI ke-79 di IKN.

“Dengan masih menyisakan waktu sekitar sebulan, kami optimistis bisa menuntaskan arahan Presiden Jokowi agar lapangan upacara dan Istana Negara bisa selesai sesuai waktu,” kata Erick Thohir, dikutip dari laman KabarBUMN, Senin (1/7/2024).

Saat ini Proyek Lapangan Upacara dan Istana Negara yang dibangun secara KSO oleh PT PP dan Wijaya Karya telah berprogres hingga 77,9%. Hal ini melampaui target sebelumnya yakni 73%.

Adapun fasilitas yang telah terbangun di antaranya area plaza tamu agung, lapangan upacara, area lobby dan area kolom 34 pilar.

Untuk area interior terlihat ruang kredensial, ruang bendera pusaka dan ruang kegiatan resmi yang sudah hampir siap digunakan saat kegiatan acara Upacara Bendera yang akan diselenggarakan pada tanggal 17 Agustus 2024 menyambut tamu dalam negeri dan internasional.

Dalam kunjungan tersebut, Erick didampingi Wamen BUMN, Kartika Wirjoatmodjo, Sekretaris Kementerian BUMN, Rabin Hattari dan beberapa Direktur Utama BUMN.

Direktur Utama PT PP, Novel Arsyad menyebutkan, perseroan optimis dalam menyelesaikan proyek-proyek yang telah di amanahkan di IKN, terutama proyek Lapangan Upacara dan Istana Negara akan selesai dan siap digunakan untuk upacara hari kemerdekaan.

Dalam penyelesaian proyek-proyek, PT PP berkomitmen selalu mengedepankan safety dan kualitas pekerjaan. Sedangkan keberadaan BUMN Karya lainnya yaitu PT Waskita Karya juga bertanggung jawab dalam pembangunan Gedung Sekretaris Presiden yang telah mencapai 91,12%.

Waskita Karya juga membangun Kementerian Koordinator 3 yang meliputi bidang politik dan keamanan (80,14%), serta Kementerian Koordinator 4 yang mencakup bidang pembangunan manusia dan kebudayaan (85,22%).

Direktur Utama PT Waskita Karya, Muhammad Hanugroho yang biasa disebut Oho mengaku optimis Proyek Gedung Sekretariat Presiden, Kemenko 3 dan 4 akan selesai di tahun 2024. Ia berkomitmen untuk terus mendukung pembangunan Infrastruktur di Indonesia. (nano)

Nano Sumarno:
Tinggalkan Komentar