Pernah Viral dimakan Anak Artis, ini Fakta Ikan Shisamo

Ikan shisamo viral.(Foto:linimassa)

Sukoharjonews.com -Ikan shisamo mendadak viral gara-gara jadi ikan favorit Cipung atau Rayyanza, putra kedua pasangan Raffi Ahmad dan Nagita Slavina. Momen Cipung asyik mengunyah ikan goreng terekam lewat video singkat yang di-share ke media sosial oleh salah satu pengasuhnya.


Dilansir dari Nibble, Kamis (4/7/2024), berikut beberapa fakta ikan shisamo yang perlu kamu tahu.

Termasuk ikan kecil
Panjang ikan ini rata-rata 10 – 15 cm. Tubuhnya terbilang ramping dengan warna perak mengkilap dan warna hitam pada bagian atas. Sekilas ikan shisamo mirip ikan kaca piring, tetapi daging ikan shisamo sama sekali nggak transparan.

Dari perairan Hokkaido
Bernama Latin Spirinchus lanceolatus, penamaan shisamo berasal dari bahasa Ainu untuk ikan susam yang berarti ikan daun willow. Ikan ini juga dikenal sebagai ikan capelin, bagian keluarga Osmeridae yang berhabitat di lautan dalam Samudra Atlantik.

Namun, ikan shisamo yang dikenal merupakan ikan air asin yang berasal dari Hokkaido, wilayah paling utara Jepang. Tepatnya di barat laut Samudra Pasifik yang berada di sisi tenggara Hokkaido. Ikan musiman ini biasanya banyak ditangkap di pesisir Hokkaido pada bulan Oktober dan November.

Ikan ini memang hidup bergerombol serta bermigrasi mengikuti arus laut. Bahkan, pada awal musim dingin shisamo juga bermigrasi ke sungai dalam waktu singkat.


Seluruh bagian tubuh bisa dimakan
Ikan shisamo jantan bertubuh lebih langsing, sedangkan ikan betina lebih gemuk dengan bagian perut dipenuhi telur. Kamu bisa menyantap semua bagian tubuh ikan ini, dari kepala sampai ekor.

Duri cuma dijumpai di bagian tengah tubuh. Telur memenuhi tubuh ikan shisamo sehingga menciptakan rasa gurih yang kuat. Biasanya, telur ikan shisamo dijadikan sebagai topping sushi untuk menggantikan telur ikan terbang yang harganya lebih mahal. Warna telur ikan tersebut adalah jingga, kadang ada yang berwarna hitam.

Kandungan gizi tinggi
Walau bentuknya kecil, kandungan gizi ikan shisamo nggak main-main lho. Ikan ini mengandung protein tinggi, beserta vitamin A, C, zat besi, kalsium, dan sodium. Kandungan asam lemak bebas ikan ini juga lebih rendah daripada ikan lain, tetapi mempunyai kandungan omega 3 lebih tinggi daripada salmon, yaitu 1,2 gram omega 3 per 100 gram.

Dilansir dari Agrozine, manfaat ikan shisamo bagi tubuh antara lain:

  • Sebagai sumber protein penting untuk mendukung pertumbuhan dan perbaikan jaringan tubuh
  • Sebagai sumber antioksidan yang bisa mengurangi tanda penuaan dan merawat kulit
  • Mengurangi risiko terserang penyakit kronis, seperti jantung dan stroke
  • Menyehatkan rambut berkat kandungan vitamin C dan A
  • Membantu perkembangan sel otak anak karena kandungan omega 3
  • Membantu tumbuh kembang janin selama masa kehamilan.(patrisia argi)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *