Perlu Kalian Tahu ini 3 Mitos Soal Orang Introvert yang Tidak Banyak Orang Tahu

3 Mitos soal orang introvert yang tidak banyak orang tahu. (Foto : Pixels)

Sukoharjonews.com -Introvert adalah salah satu tipe kepribadian yang dikenal sebagai introversion, yang berarti mereka akan lebih nyaman pada pikiran dan gagasan sendiri. Untuk itu mereka akan saat menikmati habiskan waktu sendiri, atau bersama 1-2 orang daripada grup besar.

Dilansir dari WebMD, Kamis (23/2/2023), stres akan menimbulkan masalah emosional, serangan panik, kecemasan, hingga depresi. Dalam tahap ringan, kondisi ini ditandai dengan ketidakmampuan untuk menyelesaikan masalah.

Dalam banyak kasus, banyak orang yang tanpa sadar melakukan hal-hal tertentu saat malam hari, namun ternyata berimbas fatal pada kondisi tubuh esok harinya. Mau tahu kebiasaan malam hari yang ternyata bisa memicu stres? Simak ulasan berikut!

Perbedaan Introvert dan Ekstrovert
Adalah psikolog bernama Calr Jung yang mulai menggunakan istilah introvert dan ekstrovert (ekstravert) di tahun 1920an. Kedua kepribadian ini merujuk pada cara kedua kepribadian ini mendapatkan dan menghabiskan energi.

Menurut Jung, orang-orang introvert menggunakan pikiran mereka sendiri untuk mengembalikan energi yang terkuras, makanya mereka tidak masalah untuk menyendiri sejenak. Sementara ekstrovert akan mencari interaksi dengan orang lain untuk kebutuhan energi mereka.

Selain suka habiskan waktu sendiri, orang-orang yang introvert juga suka berteman, kok. Namun hanya beberapa orang saja yang benar-benar dekat.

1. Orang Introvert Tidak Ramah
Menjadi orang dengan kepribadian ini tidak ada kaitannya dengan seberapa ramah atau tidaknya. Beberapa orang berpikir bahwa orang-orang introvert tidak ramah, bisa karena introverts cenderung tidak punya teman yang banyak. Selain itu, introvert sangat mungkin merefleksikan sesuatu secara diam-diam daripada harus bergabung dalam percakapan di pertemuan dengan orang lain.

2. Introvert Nggak Bisa Jadi Pemimpin
Biasanya orang berpikir orang-orang ekstrovertlah yang cocok jadi pemimpin. Nyatanya orang introvert punya kemampuan mumpuni juga. Beberapa kualitas mereka yang justru menjadikannya sebagai atasan efektif: mereka akan mendengarkan aspirasi pekerja, mereka dapat fokus pada tujuan jangka panjang, mereka juga mungkin tampak-kurang ‘mengancam’ alias tampak tenang, sehingga orang akan menerima mereka.

3. Sulit Mengenal Lebih Jauh Introvert
Nyatanya introvert lebih suka memiliki persahabatan yang mendalam dengan hanya segelintir orang. Mereka mungkin nggak terbuka pada semua orang yang cuma ingin basa-basi, meski begitu orang terdekat mereka memahami dengan sangat baik sehingga tercipta persahabatan sejati di antara mereka.(patrisia argi)

Patrisia Argi Satuti:
Tinggalkan Komentar