Perlu diperhatikan, Jangan Tidur Saat Rabut Masih Basah

Tidur saat rambut basah.(Foto:Grid Health)

Sukoharjonews.com – Setelah keramas, tubuh menjadi lebih relaks dan tak jarang menyebabkan kantuk, terlebih ketika mandi menggunakan air hangat. Beberapa orang bahkan langsung tidur dengan rambut masih basah tanpa mengeringkannya terlebih dahulu.

Dilansir dari Klik Dokter, Rabu (26/6/2024), rambut dalam keadaan basah akan lebih rapuh dan rentan patah. Saat basah, kutikula rambut yang merupakan lapisan luar batang rambut akan terbuka, sehingga membuat rambut Anda lebih rapuh.

Berikut adalah beberapa efek negatif yang dapat ditimbulkan dari kebiasaan tidur dengan rambut basah:

1. Infeksi Bakteri
Bahaya tidur dengan rambut basah yang mungkin Anda tidak duga ialah mencetuskan infeksi bakteri. Mengapa bisa? Ini karena kepala yang basah menjadi lingkungan yang ideal bagi mikroorganisme untuk bereproduksi. Kombinasi suhu hangat dan air menyebabkan pertumbuhan bakteri secara eksponensial.

Saat Anda tidur dalam keadaan rambut masih basah, bantal kemudian menjadi lembap. Bantal yang lembap dan kepala yang hangat serta basah membuat bantal menjadi tempat berkembang biak yang ideal bagi bakteri ataupun jamur.

2. Infeksi Jamur
Tak hanya infeksi bakteri, tidur dengan rambut basah juga dapat menyebabkan infeksi jamur di kulit kepala.

Infeksi jamur atau ringworm scalp ini sangat menular. Oleh karena itu, sangat penting untuk mencuci dan membersihkan segala sesuatu yang bersentuhan dengan kulit kepala yang terinfeksi.

3. Sakit Kepala
Tidur dalam keadaan rambut basah bisa memicu timbulnya sakit kepala. Bakteri yang tumbuh di kepala dan menyebabkan infeksi, secara alami akan meningkatkan peredaran darah ke kulit. Akibatnya terjadilah sakit kepala.

Tak hanya itu, kelembapan yang disebabkan oleh rambut basah memicu perubahan suhu tubuh secara mendadak dan mencetuskan sakit kepala.

4. Rambut Mudah Rusak
Gerakan maupun gesekan antara rambut yang basah dan kasur dapat meningkatkan risiko rambut rusak dan mudah patah.

Selain itu, tidur dengan rambut masih basah dapat membuat rambut Anda lebih berminyak. Hal ini disebabkan oleh perubahan yang dialami oleh kelenjar sebaceous, yang pada gilirannya menyebabkan tingkat pH tidak seimbang di kulit kepala.

5. Rambut Kusut di Pagi Hari
Ketika Anda tidur dengan rambut yang basah, rambut akan mengering sendiri saat tidur. Alhasil, Anda akan terbangun dengan rambut yang kusut. Hal ini bisa menyebabkan Anda mengalami bad hair day.

6. Kulit Kepala Berketombe
Rambut yang dibiarkan mengering di tengah tidur dapat menjadi penyebab kulit kepala berketombe. Rambut yang basah juga bisa meningkatkan rasa gatal pada kepala dan menjadikannya tidak sehat.(patrisia argi)

Patrisia Argi Satuti:
Tinggalkan Komentar