Peringkat 1 Pengelolaan JDIH Tingkat Provinsi, DPRD Sukoharjo Gelar Sosialisasi

DPRD Sukoharjo Gelar Sosialisasi “Optimalisasi Peran JDIH DPRD Sukoharjo dalam Meningkatkan Kemudahan Akses Informasi Hukum kepada Masyarakat”, Kamis (25/7/2024).

Sukoharjonews.com – Pengelolaan Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum (JDIH) DPRD Sukoharjo menjadi yang terbaik tingkat Provinsi Jawa Tengah untuk kategori DPRD. Untuk lebih mengenalkan JDIH, Sekretariat DPRD menggelar sosialisasi dengan tema “Optimalisasi Peran JDIH DPRD Sukoharjo dalam Meningkatkan Kemudahan Akses Informasi Hukum kepada Masyarakat”.

Sosialisasi dilaksanakan di ruang paripurna DPRD Sukoharjo, Kamis (25/7/2024). Dalam kesempatan itu Sekretariat DPRD juga mengenalkan adanya aplikasi JDIH DPRD Sukoharjo Mobile.

“Dengan sosialisasi ini diharapkan masyarakat mengetahui bisa mendapatkan informasi hukum melalui aplikasi yang bisa diunduh melalui Playstore,” ujar Sekretaris DPRD Sukoharjo, Basuki Budi Santoso.

Sedangkan Kabag Hukum Setda Pemkab Sukoharjo, Teguh Pramono, menyampaikan prestasi sebagai pengelola JDIH terbaik 1 tingkat provinsi Jateng diharapkan menjadi motivasi untuk terus berinovasi dalam pengelolaan JDIH.

“Di era digitalisasi saat ini, akses informasi hukum bisa diakses dengan cepat menjadi sangat penting sebagai bentuk tranparansi informasi produk hukum khususnya di lingkungan DPRD Sukoharjo,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua DPRD Sukoharjo, Wawan Pribadi menyambut baik dan apresiasi atas sodialisasi tersebut. Menurutnya, JDIH memiliki peran strategis dalam menyebarluaskan informasi hukum kepada masyarakat.

“JDIH ini jembatan antara pembuat peraturan perundang-undangan dan masyarakat dimana informasi hukum ini merupakan hak fundamental bagi masyarakat,” ujarnya.

Wawan juga mengatakan, peran JDIH dalam meningkatkanakses informasi hukum bagi masyarakat sangat penting. Namun, dalam menjalankan perannya, JDIH masih menghadapi tantangan seperti kurangnya sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat.

Selain itu, juga keterbatasan SDM dan infrastruktur JDIH, perkembangan Teknologi Informasi yang pesar perlu diimbangi dengan inovasi dan adaptasi JDIH DPRD dalam memberikan informasi hukum kepada masyarakat.

“Dalam rangka itu, DPRD telah meluncurkan JDIH DPRD Sukoharjo Mbile yang bisa diakses kapanpun dan dimanapun,” ujarnya. (nano)

Nano Sumarno:
Tinggalkan Komentar