Peringatan HKGN 2022, Siswa SD di Sukoharjo Sikat Gigi Massal

Bupati Sukoharjo, Etik Suryani saat membantu memberikan penjelasan kepada siswa cara sikat gigi yang baik dan benar di MIN 3 Sukoharjo, Senin (12/9/2022).

Sukoharjonews.com (Bendosari) – Dalam rangka memperingati Hari Kesehatan Gigi Nasional (HKGN) 2022, ribuan siswa SD di Kabupaten Sukoharjo melakukan aksi sikat gigi massal, Senin (12/9/2022). Kegiatan tersebut dilakukan 10 sekolah dasar (SD) dan Madrasah Intidaiyah (MI) dan diikuti 5.000 siswa. Kegiatan tersebut dilaksanakan bersama Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI).

Terkait kegiatan tersebut, Bupati Sukoharjo, Etik Suryani, menghadiri kegiatan di Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 3 Sukoharjo,

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Sukoharjo Tri Tuti Rahayu mengatakan, dengan kegiatan tersebut siswa diajarkan secara benar cara melakukan sikat gigi dan menjaga kesehatan mulut.

“Banyak manfaatnya, kegiatan ini juga sekaligus mengajarkan ke guru atau tenaga pengajar di sekolah dimana ilmu yang didapat terkait sikat gigi yang baik dan benar dari PDGI Sukoharjo bisa ditularkan ke siswa lainnya atau lingkungan sekitar,” ujarnya.

Sedangkan Ketua PDGI Cabang Sukoharjo, Ali Imron mengatakan, peringatan HKGN tahun 2022 digelar secara serentak di Indonesia. Salah satunya yakni di Kabupaten Sukoharjo.

Kegiatan digelar dengan tema Pulih Bersama Dengan Senyum Sehat Indonesia. Menurut Ali, PDGI Sukoharjo memiliki anggota sebanyak 140 dokter yang terdiri dari dokter gigi dan dokter gigi spesialis. Seluruh anggota PDGI Cabang Sukoharjo selalu siap dan memiliki komitmen dalam membantu serta mendukung Pemkab Sukoharjo dalam peningkatan pelayanan kesehatan khususnya kesehatan gigi masyarakat.

“Kami juga menggelar kegiatan penyuluhan tentang kesehatan gigi dan mulut, penyuluhan cara dan waktu gosok gigi yang baik dan sikat gigi bersama dengan diberi contoh cara sikat gigi yang baik dan benar. Terakhir kegiatan berupa pemberian sikat gigi dan pasta gigi,” ujarnya.

Sementara itu, Bupati Sukoharjo, Etik Suryani mengatakan, menjaga kesehatan anak salah satunya adalah menjaga kesehatan gigi dan mulut. Namun, sayangnya belum banyak orang tua yang sadar, bahwa mengenalkan dan mengajarkan anak mengenai menjaga kesehatan gigi dan menjaga kesehatan mulut perlu untuk dilakukan sejak dini.

“Tidak sedikit yang beranggapan bahwa, dengan anak rajin menyikat gigi saja sudah cukup. Padahal ada berbagai gangguan kesehatan mulut dan gigi yang bisa muncul akibat anak kurang menjaga kesehatan gigi dengan baik dan benar,” ujarnya.

Etik mengatakan, rutin menyikat gigi bisa menjadi salah satu cara untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut pada anak. Akan tetapi masih banyak anak-anak yang jarang menyikat gigi atau salah dalam melakukan sikat gigi dengan benar. (nano)

Nano Sumarno:
Tinggalkan Komentar