Perbanyak Baca Doa Ini Saat Sedang Stress Menghadapi Tekanan

Doa meredakan stress.(Foto: media indonesia)

Sukoharjonews.com – Stress adalah perasaan yang muncul sebagai respon terhadap suatu masalah. Namun kita harus pandai mengontrol stres agar tetap waras menjalani aktivitas. Aktivitas sehari-hari tak jarang membuat seseorang mengalami stres. Stres yang menumpuk bisa menjadi beban pikiran yang dapat memengaruhi produktivitas dan mental seseorang.


Dikutip dari Bincang Syariah, pada Jumat (30/8/2024), kita sering kali menghadapi berbagai tekanan yang dapat menyebabkan stres, baik itu dari pekerjaan, masalah keluarga, atau situasi lainnya. Stres yang berlebihan dapat mempengaruhi kesehatan mental dan fisik kita, membuat kita merasa tertekan dan kehilangan semangat.

Namun, sebagai umat Islam, kita memiliki panduan dari Nabi Muhammad saw. yang memberikan solusi berupa doa untuk menghilangkan stres dan mendapatkan ketenangan hati.

Akibatnya, tak bisa dipungkiri hal tersebut mengakibatkan kita stres dan merasa tertekan. Namun demikian, Nabi saw. telah memberikan resep berupa doa untuk menghilangkan stres dengan mudah, baik stres akibat tekanan pekerjaan, persoalan rumah tangga atau lainnya. Doa tersebut sebagai berikut;

حَسْبِيَ اللَّهُ وَنِعْمَ الْوَكِيلُ

Hasbunallahu wa ni’mal wakil

“Cukuplah Allah menjadi penolong kami dan Allah adalah sebaik-baik pelindung.”

Doa ini tidak hanya mengandung harapan dan kepercayaan kepada Allah, tetapi juga mengingatkan kita bahwa segala sesuatu yang terjadi dalam hidup ini berada di bawah kendali-Nya. Dengan mengucapkan doa ini, kita menyerahkan segala kekhawatiran dan beban hidup kepada Allah, serta memohon perlindungan-Nya dari segala kesulitan.


Doa di atas disebutkan oleh Imam Nawawi dalam kitabnya Al Azkar berdasarkan hadis dari Auf bin Malik, Nabi bersabda;

فَإِذَا غَلَبَكَ أَمْرٌ فَقُلْ حَسْبِيَ اللَّهُ وَنِعْمَ الْوَكِيلُ

“Jika suatu perkara membuat kamu tertekan, maka bacalah; ‘Hasbiyallahu wa ni’mal wakil.”

Doa ini menjadi pengingat bahwa dalam situasi apapun, kita selalu memiliki tempat untuk berlindung dan memohon pertolongan, yaitu kepada Allah yang Maha Kuasa. Dengan keyakinan ini, kita dapat menghadapi setiap cobaan dengan tenang dan penuh kepercayaan diri.

Dengan membaca doa saat stres ini, kita diingatkan untuk selalu mengandalkan Allah dalam setiap urusan, terutama saat kita merasa tertekan dan tak berdaya. Doa ini adalah bentuk pengakuan bahwa hanya Allah yang dapat memberikan pertolongan terbaik dalam menghadapi segala kesulitan hidup.(cita septa)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *