Peran Elektrolit Selama Musim Panas dan Makanan Kaya Akan Elektrolit

Makanan kaya elektrolit.(Foto: Astronouts)

Sukoharjonews.com – Meningkatnya suhu, gelombang panas membuat tidak mungkin untuk beraktivitas di luar ruangan, mudah merasa lelah karena keringat berlebih, keringat berlebih, dan kehilangan nafsu makan. Satu-satunya waktu istirahat adalah saat Anda menutup jendela, menutup tirai, menutup pintu, dan menyalakan AC. Inilah saatnya Anda menyadari peran elektrolit dalam makanan Anda.

Dikutip dari The Statesman, pada Kamis (6/6/2024), selama musim panas, dehidrasi adalah masalah umum. Pada saat seperti itu, air saja tidak cukup karena tubuh Anda kehilangan potasium dan natrium melalui keringat. Solusinya? Elektrolit. Elektrolit sangat penting bagi tubuh karena mengandung natrium, kalium, dan magnesium, yang penting untuk menjaga fungsi tubuh. Meskipun bubuk elektrolit yang dijual bebas tersedia, berikut beberapa makanan kaya elektrolit yang wajib dikonsumsi selama musim panas:

1. Pisang
Merasa dehidrasi dan kelelahan? Air biasa tidak akan cukup. Ambil pisang, dan Anda akan takjub dengan komposisi elektrolit buah ajaib ini. Kaya akan magnesium, fosfor, dan potasium, buah ini dapat memberi Anda energi instan dan membantu menjaga keseimbangan elektrolit tubuh. Inilah sebabnya mengapa sering kali disarankan untuk mengonsumsi pisang sebelum pergi ke gym untuk meningkatkan energi.

2. Kentang
Meskipun pecinta kesehatan mungkin menghindari sayuran ini, kentang adalah sumber kaya elektrolit yang berperan dalam membantu Anda mendapatkan kembali energi selama musim panas. Dengan 620 mg potasium, kentang juga kaya akan Vitamin C, antioksidan kuat.

3. Yogurt
Yogurt tidak hanya memberi Anda prebiotik dan probiotik tetapi juga merupakan gudang elektrolit, termasuk magnesium, fosfor, kalium, dan natrium. Yogurt mengandung 212 mg fosfor dan 220 mg potasium.

4. Semangka
Musim panas dan semangka berjalan beriringan. Buah ini membuat Anda tetap terhidrasi dan membantu menyeimbangkan kadar elektrolit juga. Semangka mengandung hampir 170 mg potasium dan magnesium.

Selain itu, Anda juga harus menambahkan brokoli, bayam, alpukat, dan air kelapa ke dalam menu makanan Anda agar tubuh Anda tetap berfungsi optimal bahkan selama musim panas yang terik.(cita septa)

Cita Septa Habibawati:
Tinggalkan Komentar