Penyebab Xerosis yang Perlu Anda Waspadai!

Penyebab xerosis.(Foto: aladokter)

Sukoharjonews.com – Kulit kering adalah sesuatu yang dialami banyak orang di beberapa titik dalam hidup mereka. Hal ini juga menjadi lebih umum seiring bertambahnya usia, karena kulit secara bertahap mulai kehilangan kelenjar keringat dan minyak.


Ada banyak penyebab kulit kering. Faktor eksternal seperti paparan cuaca buruk atau pembersih yang mengiritasi merupakan pemicu umum kulit kering. Namun, faktor internal seperti penuaan dan beberapa kondisi medis juga dapat menyebabkan kulit kering. Dikutip dari Health, pada Minggu (15/9/2024), berikut penyebab kulit Anda menjadi kering:

1. Faktor lingkungan
Paparan terhadap elemen tertentu di dalam atau luar ruangan dapat memengaruhi kelembapan kulit. Misalnya, sinar matahari, cuaca dingin, pemanas ruangan yang kering, dan kelembapan yang rendah dapat mengeringkan kulit dan menyebabkannya kehilangan kelembapan.

Mengurangi paparan Anda terhadap pemicu stres lingkungan ini, seperti mengoleskan tabir surya spektrum luas pada kulit Anda saat berada di luar ruangan, akan membantu mencegah xerosis.


2. Usia
Seiring bertambahnya usia, pori-pori Anda menghasilkan lebih sedikit sebum , zat berminyak yang melembabkan dan melindungi kulit Anda. Penurunan ini biasanya dimulai sekitar usia 40 tahun. Sejak usia 40-an, kadar sebum Anda akan terus menurun, yang menyebabkan kulit lebih kering seiring bertambahnya usia.

3. Merokok
Beberapa penelitian telah menemukan bahwa merokok dikaitkan dengan penuaan dini pada kulit. Zat kimia dalam rokok diketahui dapat mempercepat penuaan kulit, yang menyebabkan kulit menjadi lebih kering. Merokok juga dapat menurunkan kadar estrogen pada wanita, yang dapat menyebabkan kulit kering.

4. Membersihkan kulit secara berlebihan
Mencuci wajah dan tubuh dengan pembersih yang keras atau sabun mandi , atau membersihkan kulit terlalu lama, dapat membuat kulit menjadi kering. Mandi air panas dalam waktu lama juga dapat menyebabkan kulit kering.

Untuk mengatasi hal ini, batasi waktu mandi Anda hingga kurang dari 10 menit dan gunakan pembersih yang lembut dan bebas pewangi. Setelah mandi, oleskan pelembap pada kulit yang lembap, yang akan membantu menjaga kelembapannya.


Mencegah Xerosis
Menjaga lapisan kulit tetap terlindungi dan terhidrasi dapat membantu mencegah kulit kering. Berikut ini beberapa cara untuk menjaga kesehatan kulit dan menghindari kekeringan:

● Oleskan pelembab segera setelah mencuci tangan atau dalam waktu lima menit setelah mandi, dan aplikasikan ke tubuh dan wajah Anda sesuai kebutuhan sepanjang hari.
● Gunakan pembersih yang lembut dan bebas pewangi.
● Gunakan losion, salep, atau krim pelembab yang mengandung bahan-bahan menghidrasi seperti asam hialuronat , minyak jojoba, gliserin, asam laktat, atau shea butter.
● Pilih deterjen cucian yang berlabel hipoalergenik. Sebaiknya hindari mengenakan pakaian berbahan wol atau kasar, yang dapat mengiritasi kulit kering dan gatal, dan pilih pakaian yang terbuat dari katun atau sutra.(cita septa)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *