Simak, Ini Penjelasan Mengenai Penyebab Vertigo

Penyebab vertigo.(Foto:Alodokter)

Sukoharjonews.com -Vertigo adalah kondisi ketika Anda merasakan sensasi pusing atau kepala berputar-putar yang kuat dan sering disertai rasa mual dan muntah. Penyakit ini memang tidak mematikan, tetapi bisa menghambat Anda dalam melakukan aktivitas sehari-hari. Anda tidak bisa berjalan atau berdiri seperti biasa ketika terserang vertigo. Ada baiknya Anda mengetahui penyebab vertigo terlebih dahulu sebelum menentukan langkah perawatan yang tepat.


Dilansir dari WebMD, Senin (22/7/2024),vertigo terbagi menjadi dua jenis yang mencakup vertigo perifer dan vertigo sentral. Kedua jenis vertigo ini memiliki penyebab yang berbeda. Berikut penjelasan mengenai penyebab vertigo.

Gejala Vertigo
Penderita vertigo bisa dikenali melalui gejala yang muncul pada tubuhnya. Setiap jenis vertigo memiliki gejala yang berlainan karena menyerang bagian tubuh yang berbeda. Berikut gejala vertigo berdasarkan jenisnya.

1. Gejala Vertigo Perifer
Gejala umum vertigo perifer ditandai dengan mual, muntah, dan berkeringat secara berlebihan. Ada beberapa gejala khusus vertigo perifer sesuai kondisi seseorang, yaitu:

Apabila terjadi infeksi atau penyakit pada telinga bagian dalam, Anda akan merasakan sakit di bagian tersebut.

Pada labyrinthitis dan penyakit Meniere, Anda mengalami gangguan pendengaran dan tinnitus (denging di telinga) di salah satu atau kedua bagian telinga bersamaan dengan vertigo.Mata yang bergerak tanpa kendali, tetapi bisa hilang ketika Anda mencoba fokus melihat satu titik.


2. Gejala Vertigo Sentral
Vertigo perifer bisa hilang dalam jangka waktu singkat. Sebaliknya, vertigo sentral sering muncul tanpa menunjukkan gejala pada tubuh penderitanya. Vertigo sentral bisa berlangsung dalam jangka waktu lama dan menimbulkan rasa sakit yang lebih intens daripada vertigo perifer.

Gejala umum yang terjadi pada penderita vertigo sentral yaitu Anda tidak dapat berdiri atau berjalan tanpa bantuan. Selain itu, Anda juga merasakan gejala mata yang tidak bisa dikendalikan dalam waktu yang lebih lama, biasanya berkisar hingga berbulan-bulan. Sakit kepala dan kesulitan menelan makanan juga umum terjadi pada penderita vertigo sentral.

Cara Mengobati Vertigo
1. Terapi Fisik

Ada dua jenis terapi fisik dalam pengobatan vertigo, yaitu canalith repositioning maneuvers dan vestibular rehabilitation. Canalith repositioning maneuvers dilakukan untuk mengatasi vertigo akibat BPPV. Terapi ini melibatkan gerakan pada bagian kepala dan tubuh yang bertujuan untuk memindahkan kalsium keluar dari ruang telinga dalam sehingga bisa diserap oleh tubuh. Prosedur ini sebaiknya dipandu oleh dokter atau terapis fisik.


2. Obat-obatan
Dalam beberapa kasus, Anda bisa mengonsumsi obat-obatan untuk mengurangi gejala mual akibat vertigo. Lain halnya jika vertigo disebabkan oleh infeksi atau peradangan . Anda membutuhkan antibiotik atau steroid sesuai resep dokter untuk mengurangi pembengkakan di telinga dan menyembuhkan infeksi. Untuk penyakit Meniere, diuretik (pil air) dapat diresepkan untuk mengurangi tekanan dari penumpukan cairan pada telinga.

3. Terapi Bedah
Pembedahan diperlukan ketika penderita mengalami vertigo sentral. Kondisi yang memperbolehkan pembedahan pada penderita vertigo adalah tumor atau cedera pada otak atau leher.(patrisia argi)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *