Penyebab Kram Perut saat Hamil

Penyebab kram saat hamil.(Foto: reafood)

Sukoharjonews.com – Selama masa kehamilan, mungkin kerap dihinggapi rasa sakit. Salah satu gangguan yang sering dialami bumil adalah kram perut. Namun, sebenarnya kram perut saat hamil itu berbahaya atau tidak?

Dilansir dari Mother and Beyond, Minggu (1/9/2024), Kram perut merupakan gangguan yang normal saat hamil dan umumnya tidaklah berbahaya. Kondisi ini biasanya terjadi karena perubahan hormon di masa kehamilan. Selain itu, beberapa faktor berikut ini juga bisa memicu munculnya kram perut saat hamil.

1. Perubahan ukuran rahim
Seiring dengan bertambahnya usia kehamilan, ukuran rahim juga akan makin membesar mengikuti perkembangan janin. Untuk mendukung perkembangan rahim, jaringan ikat atau ligamen yang menghubungkan tulang panggul dan rahim akan meregang sehingga rahim terasa kencang. Kondisi inilah yang bisa memicu terjadinya kram perut.

2. Tekanan pada otot, sendi, dan pembuluh darah
Kondisi perut yang semakin besar akan memberikan tekanan lebih pada otot, sendi, dan pembuluh darah. Kondisi ini membuat bumil mudah merasa lelah dan mengalami nyeri berlebih pada perut saat terlalu lama duduk atau berdiri.

3. Perubahan posisi rahim
Saat janin tumbuh, posisi rahim cenderung miring ke kanan atau ke kiri. Kondisi ini bisa membuat ligamen yang menyokong sisi rahim menjadi kencang atau mengalami kontraksi sehingga bumil kerap merasakan kram di bagian perut.

4. Gas berlebih
Meningkatnya hormon progesteron menyebabkan otot saluran pencernaan lebih rileks dan lambat saat mencerna makanan. Semakin lama makanan berada di usus besar, semakin banyak gas yang diproduksi. Gas inilah yang menimbulkan rasa tak nyaman di perut, dan terkadang menjalar ke bagian punggung serta dada.

5. Efek bercinta
Berhubungan seks memang tidak dilarang selama masa kehamilan. Akan tetapi, kegiatan ini juga bisa menjadi penyebab kram perut pada bumil. Hal ini bisa terjadi karena vagina dan rahim mengalami sensasi berdenyut saat orgasme dan meninggalkan rasa kram perut setelahnya.(patrisia argi)

Patrisia Argi Satuti:
Tinggalkan Komentar