Penyebab Benjolan di Ketiak

Penyebab benjolan di ketiak.(Foto:halodoc)

Sukoharjonews.com – Kulit adalah organ tubuh terbesar Anda, dan tugas utamanya adalah menyediakan penghalang fisik yang melindungi Anda dari dunia luar. Namun, jika segala sesuatunya tidak berfungsi sebagaimana mestinya, Anda mungkin mulai menyadari adanya gejala yang tidak teratur atau bahkan tidak menyenangkan seperti infeksi, jerawat, atau benjolan dan gumpalan lainnya.


Dilansir dari Livestrong, Sabtu (7/9/2024), beberapa gejala kulit tidak perlu dikhawatirkan, beberapa lainnya mungkin perlu ditangani oleh tenaga kesehatan profesional. Dalam beberapa kasus, Anda perlu mendapatkan perawatan sebelum masalahnya bertambah parah.

Hal itu tentu saja terjadi pada beberapa penyebab benjolan di ketiak. Namun, bagian yang sulit adalah berbagai penyebab tersebut sering kali dapat disalahartikan satu sama lain.

Benjolan di ketiak bisa disebabkan oleh hal sederhana seperti rambut yang tumbuh ke dalam , tetapi bisa juga merupakan tanda dari sesuatu yang lebih serius. Untuk mengetahui akar penyebab gejala Anda dan menentukan rencana perawatan yang tepat, kami bertanya kepada dokter kulit bersertifikat tentang apa yang harus diperhatikan dan kapan harus menemui dokter.

1. Rambut tumbuh ke dalam
Rambut tubuh adalah hal yang alami, tetapi budaya tertentu menganggap wajar untuk menghilangkannya. Jika Anda mencukur, mencabut bulu ketiak, atau menghilangkannya dengan cara lain, hal itu berisiko menumbuhkan rambut ke dalam, yang dapat menimbulkan rasa tidak nyaman. Karena rambut tumbuh ke dalam berhubungan dengan pencukuran, rambut tumbuh ke dalam juga disebut sebagai benjolan akibat pisau cukur atau benjolan akibat bercukur, tetapi secara ilmiah dikenal sebagai pseudofolliculitis barbae.


2. Jerawat
Jerawat paling sering muncul di wajah, dada, dan punggung, tetapi juga dapat muncul di area ketiak, kata Brendan Camp, MD , dokter kulit bersertifikat di New York City. Ada berbagai jenis jerawat, yang disebabkan oleh sejumlah faktor. Penyebab jerawat yang paling umum adalah bakteri, minyak berlebih, folikel rambut yang tersumbat, dan peradangan kulit, kata Dr. Camp.

3. Folikulitis
Jika Anda menduga benjolan di ketiak Anda adalah jerawat namun jerawat tersebut tidak hilang dengan pengobatan OTC, folikulitis biasanya merupakan penyebab berikutnya yang harus disingkirkan.

4. Hidradenitis Supurativa
Hidradenitis suppurativa (HS) merupakan penyebab benjolan di ketiak yang kurang dikenal, kata Dr. Garshick. Benjolan ini biasanya muncul di bagian kulit yang bersentuhan dengan kulit, sehingga ketiak merupakan tempat utama munculnya masalah ini.

5. Pembengkakan Kelenjar Getah Bening

Jika ketiak Anda terasa bengkak atau Anda melihat adanya benjolan, bisa jadi kelenjar getah bening Anda sedang bekerja.

Kelenjar getah bening merupakan bagian dari sistem limfatik, yang merupakan bagian dari sistem kekebalan tubuh Anda . Fungsi utamanya adalah membantu menyaring zat asing dan melawan infeksi, menurut American Cancer Society .(patrisia argi)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *