Pengobatan Rumahan Sederhana untuk Keputihan Berwarna Abu-abu

Mengatasi keputihan dengan obat rumahan.(Foto: klikdokter)


Sukoharjonews.com
– Keputihan merupakan tanda kesehatan. Keputihan merupakan cara tubuh Anda menjaga keseimbangan dan sanitasi di area tersebut. Mirip dengan proses biologis lainnya, keputihan dapat berubah selama siklus menstruasi Anda sesuai dengan hormon dan tingkat aktivitas Anda. Keputihan biasanya berwarna putih atau bening. Namun, jika Anda melihat keputihan berwarna abu-abu, itu mungkin berarti Anda memiliki masalah kesehatan.

Dikutip dari Healthshots, pada Minggu (28/7/2024), berikut pengobatan rumahan yang bisa bantu atasi keputihan Anda:

1. Minyak pohon teh
Minyak pohon teh merupakan minyak esensial dengan sifat antibakteri dan antijamur. Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam American Society for Microbiology , minyak pohon teh mungkin efektif melawan bakteri penyebab BV, yang merupakan salah satu penyebab keputihan berwarna abu-abu. Oleskan beberapa tetes minyak pohon teh pada vagina menggunakan bola kapas. Biarkan campuran tersebut menempel pada bagian yang terkena selama sekitar 10 menit sebelum membilasnya.

2. Asam borat
Obat ini dianggap sebagai salah satu pengobatan rumahan yang paling efektif untuk keputihan berwarna abu-abu. Supositoria asam borat (supositoria vagina dengan asam borat sebagai bahan aktif) bila dikombinasikan dengan metronidazol atau tinidazol dapat membantu menghilangkan BV yang berulang, yang dapat menyebabkan keputihan berwarna abu-abu. Supositoria biasanya dimasukkan ke dalam vagina menggunakan aplikator dan dibiarkan selama jangka waktu tertentu, biasanya semalaman. Hal ini memungkinkan asam borat memberikan efek terapeutiknya.

3. Hidrasi
Minumlah banyak air sepanjang hari. Tetap terhidrasi membantu membuang racun dan mendukung kesehatan vagina secara keseluruhan . “Usahakan untuk mengonsumsi 8-10 gelas air setiap hari. Teh herbal, seperti teh kamomil atau cranberry, berpotensi memiliki khasiat untuk mencegah keputihan,” kata ahli tersebut.

4. Vitamin E
Vitamin E direkomendasikan untuk mengatasi jenis ketidaknyamanan vagina tertentu. Sebuah penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal Mikroorganisme mengungkapkan bahwa vitamin E membantu mengurangi ketidaknyamanan yang disebabkan oleh Candida albicans, penyebab utama keputihan berwarna abu-abu. Vitamin E membantu meredakan gatal, rasa terbakar, dan peradangan. Anda dapat membeli supositoria vitamin E untuk penggunaan vagina atau menggunakan minyak vitamin E untuk vulva atau vagina Anda.

Sebelum mencoba pengobatan rumahan apa pun untuk keputihan berwarna abu-abu, penting untuk menghubungi ahli kesehatan. Selain itu, pengobatan rumahan dapat membantu mengatasi gejala, tetapi jika gejala berlanjut atau memburuk, mencari nasihat medis sangatlah penting.(cita septa)

Cita Septa Habibawati:
Tinggalkan Komentar