Pengiriman Snapdragon 8 Gen 4 Diproyeksikan Meningkat 50% Tahun Ini

Chip Snapdragon 8 gen 4. (Foto: Gizmochina)

Sukoharjonews.com – Prosesor seluler kelas atas Qualcomm yang akan datang, Snapdragon 8 Gen 4 (atau Snapdragon 8 Elite), diperkirakan akan mengalami peningkatan signifikan dalam pengiriman pada musim liburan ini, menurut analis Ming-Chi Kuo.

Dikutip dari Gizmochina, Kamis (17/10/2024), Kuo, seorang tokoh terkemuka di industri teknologi, memperkirakan peningkatan sebesar 50% dari tahun ke tahun untuk Snapdragon 8 Gen 4. Pengirimannya diperkirakan akan mencapai sekitar 9 juta unit pada paruh kedua tahun 2024 dibandingkan dengan generasi sebelumnya. Snapdragon 8 Generasi 3.

Beberapa faktor akan berkontribusi terhadap lonjakan tersebut, menurut Kuo. Pertama, SD8G4 menikmati jendela penjualan yang lebih lama dibandingkan pendahulunya. Selain itu, Kuo menyarankan peningkatan permintaan dari produsen ponsel pintar besar seperti Samsung.

Namun mungkin pendorong paling signifikan adalah pasar ponsel pintar China yang terus berkembang. Menurut Kuo, penjualan liburan Golden Week baru-baru ini menunjukkan kinerja dominan dari merek-merek Tiongkok, yang menguasai sekitar 80% pangsa pasar dengan pertumbuhan pengiriman sebesar 20% dari tahun ke tahun – sangat kontras dengan penjualan iPhone yang datar. Tren ini diperkirakan akan terus berlanjut hingga kuartal keempat.

Selain itu, Kuo juga mengklaim pangsa pasar smartphone kelas atas (harga di atas 4.000 RMB) di Tiongkok akan meningkat dari 25-30% pada tahun 2023 menjadi 30-35% pada tahun 2024.

Secara keseluruhan, pengapalan pasar ponsel pintar Tiongkok diperkirakan akan mencapai 280 juta unit pada tahun 2024, meningkat 3% YoY, dan pertumbuhan berkelanjutan diproyeksikan pada tahun 2025.

Kuo yakin prospek positif ini tidak hanya terjadi dalam waktu dekat. Dia berpendapat bahwa harga saham Qualcomm telah memperhitungkan potensi kerugian Apple dalam mengembangkan chip 5G-nya sendiri.

Ke depannya, perusahaan akan mendapatkan keuntungan dari sejumlah faktor seperti pertumbuhan ponsel pintar dan PC yang didukung AI, serta potensi kenaikan harga SoC karena penerapan proses manufaktur N3P yang canggih dari TSMC.

Meskipun masa depan Qualcomm Snapdragon 8 Gen 4 tampak cerah, dinamika pasar jangka panjang masih harus dilihat. Hanya waktu yang akan membuktikan apakah tren ini akan menghasilkan kesuksesan berkelanjutan bagi produsen chip tersebut. (nano)

Nano Sumarno:
Tinggalkan Komentar