Pengidap Hipertensi Harus Tahu, ini Daftar Makanan yang Aman Dikonsumi

Makanan penderita hipertensi. (Foto: gettyimages)

Sukoharjonews.com – Hipertensi dapat terjadi pada beberapa orang karena berbagai faktor seperti genetik, gaya hidup yang tidak sehat, dan stres. Ini adalah kondisi di mana tekanan darah secara konsisten menjadi tinggi yang dapat menyebabkan masalah Kesehatan serius seperti penyakit jantung dan stroke.


Dilansir dari CNBC Indonesia, Jumat (11/8/2023), penting untuk menjaga pola makan yang sehat dan berolahraga secara teratur. Membatasi asupan garam dan menghindari makanan olahan juga bisa membantu. Berikut beberapa daftar makanan yang bisa mencegah hipertensi di usia muda.

Makanan Aman Dikonsumsi Penderita Hipertensi di Usia Muda

Kandungan Makanan Tinggi Kalsium
Makanan yang memiliki tingkat kalsium tinggi seperti produk olahan susu, sayuran hijau, brokoli, tahu, kacang polong dan kacang kering dinilai ampuh menurunkan tekanan darah tinggi. Konsumsi sekitar 1.000 sampai 1.500 miligram perhari agar dapat merasakan manfaatnya. Makanan berkalsium tinggi juga bisa membantu mengendurkan pembuluh darah dan mengurangi penyempitan yang menyebabkan tekanan darah tinggi.

Kandungan Makanan Tinggi Potasium
Makanan tinggi potasium dapat menurunkan hipertensi karena mampu membantu menyeimbangkan efek negatif sodium pada tekanan darah. Ketika kadar potasium rendah, tubuh menahan lebih banyak sodium, yang dapat menyebabkan tekanan darah tinggi.

Oleh karena itu, memasukkan makanan tinggi potasium seperti pisang, alpukat, bayam, wortel, kacang-kacangan dan ubi ke dalam menu diet makanan yang dapat bermanfaat untuk menjaga tingkat tekanan darah yang sehat.


Kandungan Makanan Tinggi Vitamin E
Vitamin E merupakan antioksidan yang membantu melindungi pembuluh darah dari kerusakan dan radikal bebas. Ini dapat meningkatkan aliran darah dan mengurangi risiko penyakit jantung. Selain itu, vitamin E juga dapat membantu menurunkan peradangan dalam tubuh, yang merupakan faktor lain penyebab hipertensi. Coba konsumsi kacang almond, ikan salmon dan alpukat secara rutin.

Kandungan Makanan Tinggi L-arginin
L-arginin adalah asam amino yang membantu memproduksi oksida nitrat, yang dapat menenangkan pembuluh darah dan meningkatkan aliran darah. Hal ini dapat menyebabkan penurunan tekanan darah dan penurunan risiko penyakit jantung. Agar menurunkan kadar tekanan darah aman apabila mengonsumsi makanan tinggi L-arginine, seperti kacang-kacangan, daging, produk susu dan makanan laut.

Kandungan Makanan Tinggi Vitamin C
Makanan tinggi vitamin C seperti buah sejenis jeruk (lemon, jeruk bali dan limau), kiwi, stroberi dan brokoli dapat menurunkan hipertensi karena membantu memperlebar pembuluh darah dan meningkatkan aliran darah. Selain itu, vitamin C telah terbukti memiliki sifat antioksidan yang dapat melindungi melindungi tubuh dari stres oksidatif.

Kandungan Makanan Tinggi Selenium
Kandungan mineral penting (selenium) dalam makanan laut dan ayam membantu mengatur tekanan darah. Selain itu, penelitian menunjukkan bahwa selenium dapat meningkatkan fungsi endotel, yang penting untuk menjaga kesehatan dan merelaksasikan pembuluh darah sehingga mengurangi risiko penyakit kardiovaskular.(patrisia argi)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *