Pengawasan Kendaraan Luar Daerah Jelang Lebaran, Dishub Maksimalkan Kamera CCTV

Kamera CCTV Dishub Sukoharjo.

Sukoharjonews.com (Sukoharjo) – Pemerintah pusat melarang mudik Lebaran pada 6-18 Mei mendatang. Pemkab Sukoharjo pun melakukan persiapan dalam rangka mengantisipasi kendaraan luar daerah yang masuk Sukoharjo. Terkait hal itu, Dinas Perhubungan (Dishub) akan memaksimalkan keberadaan kamera CCTV yang tersebar di sejumlah titik.


“Saat ini ada 25 kamera CCTV yang tersebar di sejumlah titik dan semuanya menyala. Sebelumnya untuk kamera CCTV di simpang tiga Kadilangu, Baki sempat mati karena terdampak pembangunan pelebaran jalan dan saat ini sudah menyala kembali,” ujar Plt Kepala Dishub Sukoharjo, Toni Sri Buntoro, Minggu (18/4/2021).

Lebih lanjut Toni menyampaikan, kamera CCTV tersebut akan dimaksimalkan untuk pemantauan pergerakan pemudik sekaligus arus lalu lintas kendaraan selama bulan Ramadan hingga Lebaran nanti. Untuk itu, Dishub akan memastikan 25 kamera CCTV yang ada sudah aktif an menyala seluruhnya sehingga bisa digunakan.

Menurutnya, petugas Dishub sudah melakukan pengecekan lapangan terkait kondisi 25 kamera CCTV tersebut. Nantinya, Dishub akan menempatkan petugas pemantau yang bertugas memantau arus lalu lintas kendaraan termasuk kedatangan pemudik Lebaran. Selain itu, Dishub juga menerjunkan petugas ke lapangan.

“Jadi, selain dipantau melalui kamera CCTV, kami juga menerjunkan petugas ke lapangan,” kata Toni.

Toni menambahkan, sebanyak 25 kamera CCTV milik Pemkab tersebut juga diakses oleh Polres Sukoharjo berkaitan dengan pemantauan arus lalu lintas. Bahkan, juga digunakan untuk membantu pemantauan pelanggaran lalu lintas dengan penerapan tilang elektronik. (erlano putra)

Erlano Putra:
Tinggalkan Komentar