Pengaruh Makanan Terhadap Menstruasi


Sukoharjonews.com – Masa menstruasi seringkali disertai dengan banyak gejala yang tidak nyaman, seperti kembung, kram , sakit punggung, dan kelelahan.Mengidam makanan sebelum dan selama menstruasi juga umum terjadi.

Dilansir dari verywell health, Senin (26/8/2024), makanan dapat mengurangi gejala-gejala ini, sementara makanan lainnya dapat memperburuknya. Mengubah pola makan selama menstruasi dapat mengurangi gejala Anda.

Makanan untuk Dikonsumsi Saat Haid
Makanan tertentu , termasuk buah dan ikan, dapat mengurangi ketidaknyamanan menstruasi. Mengonsumsi makanan dengan vitamin E dan kalsium juga dapat mengurangi rasa sakit dan tingkat energi.

Buah
Buah-buahan, seperti semangka , kaya akan air dan serat , yang dapat meringankan gejala menstruasi dan membuat Anda tetap terhidrasi sepanjang siklus. Makanan berserat tinggi membantu mencegah sembelit dan mengatur saluran pencernaan.

Penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi makanan vegetarian yang kaya buah-buahan dan sayuran dapat mengurangi kram dan mengurangi sakit perut selama menstruasi.

Sayuran Berdaun Hijau
Sayuran berdaun hijau , seperti bayam dan kangkung, kaya serat, zat besi , dan kalsium. Jika Anda mengalami menstruasi yang sangat deras, penting untuk memilih makanan yang mengandung zat besi. Kadar zat besi yang rendah dapat menyebabkan kelelahan, nyeri, dan nyeri.

Jahe
Efek anti-inflamasi jahe dapat memperbaiki sindrom pramenstruasi (PMS) dan gejala menstruasi.Sebuah penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi jahe dapat memperbaiki gejala fisik dan mental PMS.Seduh secangkir teh jahe atau konsumsi suplemen jahe sebelum dan selama menstruasi.

Ayam
Ayam merupakan sumber zat besi dan protein yang baik . Mengonsumsi makanan kaya protein selama menstruasi dapat mengurangi nafsu makan dengan membuat Anda kenyang lebih lama dan meningkatkan tingkat energi dan rasa sakit.(patrisia argi)

Patrisia Argi Satuti:
Tinggalkan Komentar