Waduh, Delapan Siswa SMP Mengundurkan Diri dari UNBK

Siswa SMPN 1 Baki saat mengikuti uNBK hari pertama, Senin (23/4).

Sukoharjonews.com (Sukoharjo) – Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) hari pertama berjalan lancar. Namun, berdasarkan data Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Sukoharjo, tercatat delapan siswa mengundurkan diri dari UNBK. Selain itu, sebanyak tiga siswa tidak ikut UNBK karena alasan ikut orang tua merantau, empat izin sakit, dan dua siswa sudah keluar dari sekolah.



“Total ada 17 siswa yang tidak ikut UNBK hari pertama dengan berbagai alasan. Salah satunya mengundurkan diri sebanyak delapan siswa,” ujar Kepala Bidang (Kabid) Pendidikan Menengah Disdikbud Sukoharjo Dwo Atmojo Heri, Selasa (24/4).

Lebih lanjut Heri mengatakan, seharusnya jumlah siswa SMP yang mengikuti UNBK tahun ini sebanyak 9.886 siswa dan MTs sebanyak 2.326 siswa. Dari jumlah tersebut, khusus untuk siswa SMP yang tidak ikut UNBK hari pertama sebanyak 16 siswa dan satu siswa dari MTs.

Khusus untuk siswa yang sakit dan tidak bisa ikut UNBK, ujar Heri, nantinya masih akan mendapat kesempatan mengikuti ujian susulan. Hanya saja, untuk saat ini pihaknya masih fokus pelaksanaan UNBK reguler terlebih dahulu. “Untuk UNBK hari kedua, data siswa yang tidak ikut belum masuk. Laporan baru masuk sekitar pukul 18.00 WIB,” katanya.

Terkait pelaksanaan UNBK hari kedua sendiri, Heri mengaku tidak ada kendala, Heri mengatakan, sejauh ini tidak ada masalah. Untuk hari kedua, server berjalan lancar sehingga pelaksanaan UNBK tidak ada masalah. Menurutnya, masalah server yang sempat ngadat hanya terjadi pada hari pertama dan tidak hanya terjadi di Sukoharjo saja. (erlano putra)



How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *