Siap siap, Matematika dan IPA Masih jadi Momok UNBK

Siswa SMPN 3 Sukoharjo memainkan gamelan.

Sukoharjonews.com (Sukoharjo) – Sekolah Menengah Pertama (SMP) mulai mempersiapkan siswa untuk menghadapi Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). Salah satunya dengan memperbanyak latihan soal atau tryout baik dengan paper based test maupun komputer. Sayangnya hasil tryout tersebut masih belum memuaskan.

Kepala SMPN 3 Sukoharjo, Suratman mengatakan pihaknya telah menggelar beberapa kali tryout baik berbasis komputer maupun paper. Salah satu sekolah perintis UNBK ini menggenjot latihan-latihan soal untuk memperdalam materi di luar simulasi resmi dari pemerintah. Selain itu pihaknya juga memberi tambahan jam belajar di Jam ke-0.

“Hasil tryout masih belum memuaskan karena tingkat kesulitan soal yang kami berikan memang tinggi,” tuturnya akhir pekan lalu.

Pihaknya sengaja berikan soal dengan tingkat kesulitan tinggi dengan harapan saat menghadapi UN nanti bisa lebih mudah. Mata pelajaran yang akan diujikan dalam UN nanti Matematika, IPA, Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris. Untuk saat ini, mata pelajaran Matematika dan IPA masih menjadi momok tersendiri bagi siswa.

“Kami mencoba memperbanyak latihan. Yang paper untuk penguasaan dan penajaman materi, sekaligus nanti untuk menghadapi USBN,” imbuhnya.

Terkait target, Suratman menarget seluruh siswa lulus dengan nilai rata-rata sekolah meningkat 0,5 dibanding tahun lalu. Berdasarkan catatannya, pada 2016 nilai rata-rata di SMPN 3 Sukoharjo 68,17 dan meningkat di tahun 2017 menjadi 70,42. “Target tahun ini 70,5. Kami rasa target tambah 0,5 itu realistis dan kami optimistis bisa mencapainya,” tutur Suratman.

Suratman menambahkan, sarana dan prasarana menghadapi UNBK telah siap. Sekolah tersebut memiliki 90 unit komputer dan semuanya bisa digunakan para siswa. Tercatat ada 288 siswa kelas 9 yang akan menghadapi UNBK 23 April nanti. “Sebagai salah satu perintis penerapan UNBK pastinya kami harus siap,” pungkasnya. (Sofarudin)

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *