Momentum Hardiknas Harus Jadi Motivasi Peningkatan Kualitas Pendidikan

Bupati Sukoharjo Wardoyo Wijaya menjadi Pembina Upacara memperingati Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas). Upacara digelar di halaman Setda Pemkab Sukoharjo, Rabu (2/5).

Sukoharjonews.com (Sukoharjo) – Pemkab Sukoharjo menggelar upacara bendera memperingati Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas), Rabu (2/5). Dalam kesempatan tersebut, bertindak sebagai Pembina Upacara adalah Bupati Sukoharjo Wardoyo Wijaya. Upacara digelar di halaman Setda pemkab Sukoharjo dan dihadiri sejumlah pejabat Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda).



“Dengan momentum Hardiknas ini harus dijadikan motivasi untuk meningkatkan kualitas pendidikan. Jika sudah baik harus dipertahankan dan ditingkatkan lagi. Jangan mudah puas dengan apa yang sudah dicapai,” ujar Bupati.

Disisi lain, saat membacakan sambutan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy, Bupati menyampaikan,
peringatan Hardiknas tahun ini memiliki momentum yang erat antara pendidikan dan kebudayaan yang tercermin dalam praktik ajaran pendidikan dari Ki Hajar Dewantara. Peringatan kali ini merupakan momentum muhasabah untuk refleksi tentang usaha-usaha di bidang pendidikan.

“Dalam waktu bersamaan mempunyai proyeksi atas pendidikan yang dicita-citakan. Kita perlu merenung memikirkan bekal apa yang diajarkan di bidang pendidkan dan bergegas melangkah ke depan demi cita-cita pendikan yang didambakan,” paparnya.

Menurutnya, kondisi pendidikan dan kebudayaan yang dicita-citakan masih jauh dari jangkauan. Selama ini, pemerintah berusaha membuka akses pendidikan yang berkualitas agar memiliki presisi yang tinggi sesuai tuntutan masyarakat.

Disisi lain, juga bisa menunjukkan pada dunia bahwa Indonesia kaya raya dalam hal budaya. Hal itu telah disampaikan oleh Unesco dimana Indonesia sebagai negara adidaya dan super power kebudayaan di dunia. Meski begitu, cita-cita pendidikan dan kebudayaan nasional bisa terwujud jika bekerja keras sehingga bisa menjangkau seluruh wilayah Indonesia.

“Dalam tiga tahun pepemerintahan, selama ini telah mempermudah akses pendidikan. Penguatan SDM untuk menghadapi perkembangan zaman yang semakin kompleks dan multiarah. Untuk itu, Presiden mencanangkan penguatan SDM sehingga peran pendidikan dan kebudayaan semakin besar,” ujar Bupati. (erlano putra)



Share: