Kenalkan Warisan Budaya SMK Kriya Sahid Gelar Lomba Desain Batik

Peserta lomba desain batik yang digelar SMK Kriya Sahid tengah fokus membuat desain di sebuah kertas ukuran A3, Jumat (27/4).

Sukoharjonews.com (Sukoharjo) – Mengenalkan warisan budaya pada generasi penerus. Itulah tujuan Lomba Desaian Batik yang digelar oleh SMK Kriya Sahid Sukoharjo, Jumat (27/4). Lomba itu sendiri menyasar siswa SMP/MTs yang ada di Sukoharjo. Rencananya, desain batik yang jadi pemenang akan dicetak sebagai kain batik.



“Lomba desain batik yang kami gelar ini dalam upaya kami untuk melestarikan budaya bangsa. Selain itu, juga untuk menumbuhkan kecintaan generasi muda pada batik,” ujar Kepala SMK Kriya Sahid Sukoharjo Retno Prananingsih.

Dia melanjutkan, lomba itu sendiri diikuti 28 siswa SMP/MTs se-Kabupaten Sukoharjo. Loma desain batik itu sendiri mengambil tema tentang ciri khas Sukoharjo yang dituangkan dalam sebuah karya desain batik. Ciri khas tersebut bisa seperti jamu, gamelan dan lainnya.

Retno mengatakan, peserta bebas mengkreasikan karyanya tentang ciri khas Sukoharjo dalam sebuah desain batik. Tidak ada batasan dan semua tergantung kreatifitas anak karena tema sudah ditentukan. Dalam lomba tersebut, panitia menyediakan selembar kertas ukuran A3 kepada semua peserta lomba. Selama lomba digelar, masing-masing peserta cukup hanya membuat satu desain batik saja.

“Panitia lomba hanya akan mengambil Juara 1, 2 dan 3. Kriteria pemenang lomba sudah ditentukan panitia seperti kreatifitas anak, pewarnaan, estetika, nilai seni dan penampilan ciri khas Sukoharjo,” ujar Retno.

Lomba desain batik ini, ujar Retno, digelar sekolah dengan sasaran generasi muda sebagai bagian dari pembelajaran. Pasalnya, tidak semua anak paham dan mengerti tentang batik dan juga proses panjang. Mulai dari desain kertas, membatik pada kain, pewarnaan, penjemuran dan tahapan lainnya sampai jadi sebuah batik. (erlano putra)



How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *