Hari Pertama UNBK SMP Lancar Meski Sempat Terlambat 5-10 Menit

Siswa SMPN 1 Baki terlihat serius mengikuti UNBK hari pertama, Senin (23/4).

Sukoharjonews.com (Sukoharjo) – Siswa tingkat SMP mengikuti Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) hari pertama, Senin (23/4). Pelaksanaan UNBK SMP hari pertama sempat mengalami kendala sehingga terjadi keterlambatan selama 5-10 menit. Keterlambatan tersebut terjadi karena server ‎pusat mengalami gangguan. Meski sempat terjadi keterlambatan, secara umum pelaksanaan UNBK SMP hari pertama berjalan lancar.



“Server pusat sempat mengalami gangguan sehingga UNBK sempat terla,bat 5-10 menit. Tapi, secara umum hari pertama UNBK SMP berjalan lancar,” ujar Kepala Bidang (Kabid) Pendidikan Menengah ‎(Dikmen) Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Sukoharjo Dwi Atmojo Heri.

Heri melanjutkan, penyebab keterlambatan tersebut bukan pada sarana prasana di sekolah. Tapi, murni dikarenakan server pusat sempat mengalami gangguan. Setelah server normal kembali, pelaksaaan UNBK SMP bisa berjalan lancar tanpa gangguan.

Dikatakan Heri, ngadatnya server tersebut tidak hanya terjadi di Sukoharjo. Namun, juga terjadi di daerah lain karena yang mengalaki gangguan adalah server pusat. Hari pertama pelaksanaan UNBK SMP sendiri siswa mengerjakan Mata Pelajaran (Mapel) Bahasa Indonesia.

Terpisah, Kepala SMPN 1 Baki Jaka Supaya Bagya‎ mengatakan, UNBK hari pertama di sekolahnya terpantau lancar. Menurutnya, para siswa datang tepat waktu dan siap melakukan ujian. Selama ini, sekolahnya juga sering menggelar simulasi untuk menghadapi UNBK.

“Kami menggelar simulasi UNBK sebanyak tiga kali. Simulasi ini dalam rangka menyiapkan siswa menghadapi UNBK,” katanya.

Jaka juga mengatakan, ada 247 siswa yang mengikuti ujian di sekolahnya. Dari jumlah tersebut akan mengikuti ujian secara bertahap. Ada tiga sesi ujian untuk para siswa. Satu laboratorium komputer berisi 30 siswa. Karena ada tiga laboratorium komputer di SMPN 1 Baki, maka UNBK di SMPN 1 baki berlangsung tiga sesi.

Terpisah, sebanyak sembilan siswa di tiga Sekolah Luar Biasa (SLB) di Sukoharjo mengikuti Ujian Nasional Kertas dan Pensil (UNKP). Siswa SLB sengaja mengikuti UNKP sebagai pengganti UNBK. Ketua Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SLB Kabupaten Sukoharjo Sumawardi mengatakan, siswa SLB sengaja diikutkan UNKP mengingat tidak bisa ikut UNBK. Kendala dihadapi siswa karena mengalami kesulitan mengoperasionalkan komputer. Karena itu para siswa diikutkan dalam UNKP.

Para peserta UNKP berasal dari SLB Negeri Gatak sebanyak empat siswa, SLB YPAALB Langenharjo, Grogol tiga siswa, SLB ABCD YSD Polokarto dua siswa. UNKP digelar di masing masing sekolah mulai 23 – 26 April. Setiap hari diujikan mata pelajaran berbeda pada siswa. (erlano putra)



How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *